Cara Menghilangkan Jerawat pada Kulit Sensitif, Gunakan Produk Mengandung Sulfur

Cara mengatasi jerawat pada kulit sensitif bukan hal yang mudah. Penggunaan produk skincare dengan bahan tertentu justru bisa menambah masalah pada kulit. (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

kecantikan

Cara Menghilangkan Jerawat pada Kulit Sensitif, Gunakan Produk Mengandung Sulfur

Senin, 22 Maret 2021 17:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Cara menghilangkan jerawat pada kulit sensitif bukanlah hal mudah. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk mengatasi noda seperti asam salisilat, benzoil peroksida, dan retinoid memang dapat membantu mencegah jerawat, tapi punya risiko menyebabkan iritasi.

Ahli menyarankan, pemilik kulit wajah sensitif menggunakan produk berbahan belerang untuk mengobati jerawat. Ditukip dari Well + Good, dokter kulit Joshua Zeichner menyebut bahwa sulfur punya sifat menenangkan.

"Sulfur menenangkan peradangan dan menurunkan tingkat bakteri penyebab jerawat tanpa menyebabkan peradangan, jadi ini berguna jika Anda memiliki kulit sensitif," kata Zeichner.

Baca juga: Fungal Acne Bukan Jerawat, Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

Belerang mengandung sifat anti-inflamasi, anti-bakteri dan keratolitik alami. Libby Rhee, DO, dokter kulit bersertifikat, mengatakan kepada Well + Good, "bahan tunggal ini dapat memperbaiki kemerahan, melawan bakteri Propionibacterium acnes di kulit, dan membantu kulit melepaskan dan mereproduksi dirinya dengan lebih efisien, yang mengurangi penyumbatan pori."

Sebagai pengobatan jerawat topikal, dikutip dari Healthline, sulfur bekerja mirip dengan benzoyl peroxide dan asam salisilat. Tapi tidak seperti bahan pembasmi jerawat lainnya, sulfur cenderung lebih lembut di kulit Anda.

Sulfur membantu mengeringkan permukaan kulit Anda untuk membantu menyerap minyak berlebih (sebum) yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Ini juga mengeringkan sel kulit mati untuk membantu membuka pori-pori Anda.

Anda juga bisa menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung sulfur untuk mengatasi jerawat pada kulit sensitif. Alasannya, pembersih tidak lama bersentuhan dengan kulit Anda, maka bahan ini akan memberikan sulfur dalam dosis efektif tanpa menyebabkan iritasi.

Anda juga dapat memilih produk skincare lain, seperti masker atau penyamar noda, asalkan tidak bersifat komedogenik (yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori Anda). Idealnya, Anda akan menemukan formulasi yang mengandung belerang antara dua dan empat persen untuk membantu menghindari iritasi. Jika Anda sudah memiliki sesuatu yang lebih kuat di rak Anda, jangan khawatir: campurkan saja dengan sedikit pelembab, yang akan membantu mengurangi iritasi.

Sulfur bekerja paling baik untuk jerawat yang terbentuk dari kombinasi sel kulit mati dan sebum berlebih. Ini termasuk bentuk jerawat yang lebih ringan, seperti komedo putih dan komedo. Namun, penting untuk diingat bahwa hasil dapat bervariasi di antara pengguna.

Untuk jerawat dengan peradangan sedang, seperti papula dan pustula, sulfur bisa tetap digunakan tapi tidak terlalu efektif. Sementara untuk jerawat parah yang terdiri dari nodul indlamasi dan kista, sulfur mungkin tidak akan bekerja dengan baik.

Kesimpulannya, cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan sulfur hanya akan efektif pada kondisi ringan. Jika jerawat Anda tak kunjung terobati setelah penggunaan produk berbahan belerang, konsultasikanlah kondisi Anda kepada dokter kulit dan kecantikan.

Baca juga: Mudah Berjerawat? Coba Terapkan Pola Makan Rendah Glisemik

WELL + GOOD | MEDICAL NEWS TODAY