7 Bahan Alami untuk Melembabkan Kulit Kering, Mudah Dibuat di Rumah

Oatmeal dan madu. Freepik.com

kecantikan

7 Bahan Alami untuk Melembabkan Kulit Kering, Mudah Dibuat di Rumah

Rabu, 17 Maret 2021 20:19 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Membeli produk skincare untuk melembabkan kulit biasanya jadi pilihan cepat untuk mengatasi kulit kering. Namun, sebelum mengeluarkan uang, coba tengok dulu dapur Anda. Di sana mungkin ada deretan bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan kulit Anda.

Minyak zaitun

Minyak alami adalah pilihan yang bagus untuk melembabkan kulit karena dapat meniru beberapa komponen pelindung alami kulit dan tidak mengandung bahan tambahan apa pun. Minyak zaitun mengandung vitamin E, polifenol, dan fitosterol, yang merupakan lemak nabati yang melembabkan.

Minyak zaitun bisa jadi pilihan bahan alami untuk melembabkan kulit wajah. Anda juga bisa menggunakannya di bagian tubuh lain. Jika dirasa terlalu berat, encerkan dengan sedikit air sebelum diaplikasikan ke kulit.

Baca juga: Cara Menggunakan Minyak Zaitun Sesuai Jenis Kulit

Minyak kelapa

Minyak kelapa bukan hanya pelembab wajah alami yang bagus, tapi juga bermanfaat untuk seluruh tubuh. “Minyak kelapa melembabkan dan anti-inflamasi, dan bagus untuk semua kulit kering, termasuk kulit yang rawan eksim dan alergi,” kata dokter kulit Tsippora Shainhouse, dikutip dari The Healthy. 

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai krim pelembab sebelum tidur atau kapan saja, terutama setelah mengeringkan diri setelah mandi atau mandi. “Untuk tumit dan tangan pecah-pecah, oleskan minyaknya, lalu lapisi dengan kaus kaki tebal atau sarung tangan non-lateks,” tambahnya.

Alpukat

Alpukat memiliki minyak omega-3 yang sehat dan antioksidan. Ini menjadikannya pilihan makanan yang bagus untuk membantu mencegah peradangan yang menyebabkan penuaan kulit. Dr. Shainhouse menyebut, "menerapkannya sebagai masker wajah selama 15 hingga 20 menit akan langsung melembutkan dan melembabkan kulit Anda." 

Lidah buaya

“Lidah buaya dari tanaman mengandung cairan bening dengan lipid, vitamin, dan asam amino, dan ini sangat melembabkan,” kata dermatologis dr. Debra Jaliman, dikutip dari The Healthy. Lidah buaya murni dapat digunakan pada wajah atau kulit sebagai pelembab alami. Bahan alami ini juga bersfiat non-comedogenic, artinya tidak meningkatkan kadar minyak pada kulit ataupun mengunci pori-pori. Ini membuat kamu yang memiliki kulit berminyak tak perlu takut untuk menggunakan bahan natural ini.

Baca juga: 5 Resep Masker Lidah Buaya DIY, Bisa Mencerahkan Kulit dan Mengurangi Jerawat

Oatmeal

Oatmeal adalah pelembab alami yang bagus untuk digunakan di seluruh tubuh Anda, karena mengurangi iritasi dan peradangan kulit. "Ia memiliki saponin, yang mengemulsi kotoran dan minyak dan bertindak sebagai pembersih berbusa ringan," kata dr. Shainhouse. "Ia juga memiliki lipid alami yang melembutkan dan mengunci pelembab ke dalam kulit." Tuangkan secangkir oat ke dalam air mandi Anda, tetapi pastikan untuk mengeluarkannya setelah mandi agar tidak menyumbat saluran pembuangan. 

Gula

“Pengelupasan kulit kering dan bersisik diperlukan beberapa kali seminggu selama musim dingin untuk mengangkat sel kulit mati dan mendorong pembaruan kulit,” kata dr. Shainhouse. Buat pelembab wajah DIY Anda sendiri dengan scrub gula. Caranya mudah, campurkan dua hingga tiga sendok makan minyak dengan setengah cangkir gula. Gunakan scrub ini untuk mengelupas dan melembabkan kulit, dan membuatnya tetap tampak bersinar. Bukan hanya itu, gula juga mungkin bisa jadi bahan alami untuk menghilangkan komedo yang mengganggu. 

Susu atau yogurt

“Susu memiliki sifat anti-inflamasi alami, yang dapat menenangkan kulit yang teriritasi,” kata dr Shainhouse. “Asam laktat (asam alfa hidroksi alami), juga merupakan pengelupas ringan, yang dapat membantu meremajakan tampilan kulit kusam yang rusak akibat sinar matahari. Mandi susu atau masker yoghurt dapat membantu melonggarkan sel permukaan mati, yang dapat membuat kulit lebih halus dan bercahaya dengan penggunaan rutin."

Tetaplah berhati-hati dalam menggunakan bahan alami untuk melembabkan kulit. Pastikan untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu, sebelum menggunakan bahan-bahan ini di kulit wajah atau seluruh tubuh. 

Baca juga: Kumpulan Resep Masker Wajah Alami untuk Remaja

THE HEALTHY