Kumpulan Resep Masker Wajah Alami untuk Remaja

Ada banyak masker wajah alami untuk remaja yang bisa dicoba untuk merawat kulit wajah.

kecantikan

Kumpulan Resep Masker Wajah Alami untuk Remaja

Jumat, 5 Maret 2021 15:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Perawatan wajah tak hanya harus dilakukan oleh orang dewasa, tapi juga oleh para remaja. Menjaga kesehatan kulit perlu dilakukan sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker wajah alami dengan bahan-bahan yang mudah didapat.  

Selain mudah, masker wajah buatan sendiri juga murah untuk dibuat. Berikut beberapa resep masker wajah alami untuk remaja yang bisa dicoba di rumah. 

Masker Kunyit dan Yogurt

Kunyit mengandung antioksidan yang bisa membantu kulit kamu lebih berkilau. Rempah ini juga mencegah bakteri masuk ke dalam kulit karena memiliki sifat antibakteri. 

Buatlah masker DIY dengan mencampur kunyit dengan greek yogurt atau yogurt tawar. Ini akan memberikan manfaat meremajakan dan melembabkan kulit. 

"Kunyit adalah antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang meratakan warna kulit dan memberi Anda kilau yang sehat," kata dokter kulit Dr. Marina Peredo, dikutip dari Teen Vogue. "Yoghurt juga akan membantu mengurangi kemerahan. Masker ini akan bertahan hingga seminggu di dalam kulkas."

Alternatif lain untuk menggantikan yogurt adalah madu yang punya manfaat serupa. 

Variasi resep masker berbahan kunyit dan yogurt

Resep untuk peradangan dan kulit berminyak

1/2 sdt kunyit organik, 1 sdm oat giling, 2 sdm yogurt tawar organik, 1 sdt madu mentah

Resep untuk kulit iritasi

1/2 cangkir yogurt, 1 sdt madu, dan 1/2 sdt kunyit bubuk

Resep untuk mengatasi hiperpigmentasi

1/4 cangkir yogurt, 1 sdm madu, 1 sdm gel lidah buaya

Masker Alpukat dan Oatmeal

Alpukat mengandung antioksidan esensial, vitamin E, C, dan K. Masker dari bahan alpukat dan oatmeal akan membantu exfoliasi atau pengelupasan kulit dengan cara lebih lembut.

Nutrisi dalam oatmeal juga bisa menyerap minyak berlebih di kulit. Sementara vitamin dalam alpukat bisa bermanfaat bagi kulit yang berjerawat, sekaligus berfungsi sebagai pelembab alami.  

"[Alpukat dan madu] bagus untuk siapa saja yang menderita jerawat akibat stres atau hormon," kata Dr. Peredo kepada Teen Vogue. "Alpukat kaya akan minyak dan vitamin E dan sangat menenangkan untuk kulit kering dan teriritasi."

 

Resep alpukat dan oatmeal untuk pengelupasan kulit

1 buah daging alpukat, 2 sdm madu mentah organik, 1/4 cangkir oatmeal mentah

Masker Timun

Masker timun cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Timun mengandung banyak air, jadi tidak banyak yang perlu dikhawatirkan terkait sensitivitas kulit. Kandungan air dalam timun juga berguna untuk menghidrasi kulit.

Sayur hijau muda ini juga mampu mengurangi bengkak dan secara alami melembabkan kulit. Timun juga memiliki sifat anti-inflamasi, mengandung antioksidan, dan nutrisi seperti vitamin C dan asam folat.

Variasi resep masker berbahan timun

Resep masker timun

Haluskan 1/2 timun yang belum dikupas hingga menjadi pasta encer. Oleskan pada wajah selama 15 menit.

Resep masker timun dan lidah buaya untuk kulit kering

1/2 timun yang diblender, 2 sendok makan gel lidah buaya

Resep masker timun, oatmeal, madu untuk mengangkat sel kulit dan menyeimbangkan bakteri pada kulit

1/2 timun yang diblender, 1 sdm oatmeal, 1 sdm madu

Gunakan resep-resep masker wajah alami ini selama 10-15 menit di wajah. Setelahnya bilas sampai bersih dengan handuk basah atau air. Ingat pula untuk tidak menyimpan masker DIY terlalu lama. Selamat mencoba!

Baca juga: Manfaat Masker Putih Telur, Bisa untuk Mengencangkan Kulit Sementara

TEEN VOGUE | HEALTHLINE