Perhatikan Pola Makan, Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok

Kelola Stres dan Pola Makan Agar Hidup Lebih Sehat(Komunika Online)

kesehatan

Perhatikan Pola Makan, Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok

Senin, 15 Maret 2021 19:41 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Stres berkepanjangan mempengaruhi perubahan pola makan, waktu makan yang tidak teratur, serta jenis makanan yang kita konsumsi. Semua hal ini dapat mempercepat perontokan rambut.

Menurut Ahli Gizi Winda Ekayanti, ketika pikiran mengalami tekanan, tubuh merespons dengan mencari asupan yang dapat menangkal stres, yaitu menu camilan dengan kadar gula tinggi. Satu hal yang perlu disadari bahwa asupan tinggi gula sebenarnya tidak baik bagi kesehatan dan kulit”.

Baca: Ahli Gizi Ungkap Pola Makan Putri Beatrice Sehari sebelum Menikah

“Asupan gizi seimbang tidak hanya terdiri dari sayur mayur dan buah-buahan saja. Tubuh membutuhkan kalori serta zat nutrisi dalam jumlah tertentu untuk dapat bekerja secara optimal. Jika asupan gizi tidak mencukupi, maka fungsi organ melambat, sehingga metabolisme akan lebih buruk dari sebelumnya,” tulis Winda melalui siaran pers, Kamis 25 Februari 2021.

Menurut Winda, banyak sumber makanan kaya vitamin dan nutrisi penting untuk merawat kesuburan rambut, bahkan beberapa dapat ditemukan di dalam kulkas rumah.

Salmon, kandungan tinggi protein dan vitamin D pada ikan salmon merupakan kunci rambut kuat. Selain itu, asam lemak omega-3 sungguh diperlukan tubuh untuk menumbuhkan rambut karena omega-3 juga ditemukan pada membran sel kulit kepala serta minyak alami yang menjaga agar kulit kepala dan rambut terhidrasi.

Wortel, merupakan sumber antioksidan beta-karoten yang baik. Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A dalam wortel penting untuk menghasilkan sebum pada kulit kepala sehingga rambut terlihat sehat dan berkilau. Itulah sebabnya makanan yang dikenal sehat untuk mata ini ternyata termasuk salah satu makanan rekomendasi untuk cegah rambut rontok.

Telur, kaya akan vitamin B dan mengandung Biotin dalam jumlah tinggi. – keduanya penting bagi pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Selain kandungan Biotin, telur juga mengandung zat besi, zinc, dan Omega-6 yang berkontribusi terhadap pertumbuhan rambut. Pilihan produk lain yang juga mengandung vitamin B dan Biotin adalah susu atau yoghurt.

Daging ayam, merupakan makanan yang kaya protein dan rendah lemak, sehingga dapat mencegah kerontokan rambut. Daging unggas juga mengandung vitamin B3 yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Jeruk, buah jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari bahaya radikal bebas penyebab rambut kusam dan mudah patah. Vitamin C juga membantu pembentukan kolagen dan memaksimalkan penyerapan zat besi yang berguna dalam menjaga kesehatan rambut serta kulit kepala.

Selain memperhatikan asupan bermutu sehari-hari, konsultasi dengan penata rambut untuk menemukan solusi perawatan terbaik dalam mencegah rambut rontok adalah salah satu kunci keberhasilan yang telah dirasakan oleh Tyna Kanna Mirdad.

Sebagai bagian dari Kérastase Club, Tyna Kanna Mirdad berkesempatan untuk menjadi yang pertama dalam merasakan manfaat dari Kérastase GENESIS. Tyna mengikuti anjuran dari hairdresser di salon favorit yang dimulai dari sesi diagnosia kondisi rambut dan kulit kepala di salon, maka ia pun memulai treatment anti hair fall di salon selama 6 minggu dan dikombinasikan dengan perawatan di rumah, semua menggunakan rangkaian GENESIS. Ritual di salon yang dipadupadankan dengan perawatan di rumah menjadi kombinasi penting guna mengoptimalkan hasil dari perawatan ini”.

“Dapat dilihat bahwa rambut rontok saya jauh berkurang ketika disisir, rambut saya pun terlihat lebih sehat berkilau. Tapi yang terpenting adalah saya tidak lagi khawatir akan rambut rontok, sehingga saya bisa fokus menjalani hari untuk menggapai semua cita-cita dan tujuan yang saya impikan dan rencanakan,” ungkap Tyna.

Kérastase, brand haircare professional sambut tahun 2021 dengan meluncurkan GENESIS, rangkaian solusi inovatif sebagai manifestasi riset dan pengembangan teknologi unggul yang dilakukan oleh L’Oréal Advanced Research. GENESIS diklaim bisa mengurangi rambut rontok hingga 84 persen karena tiga kandungan aktif yang tergabung dalam Anti-Fall Complex secara aktif menutrisi dan memproteksi akar, kulit kepala, serta batang rambut.

Sitoresmi, Senior Education Manager, Kérastase Indonesia, memaparkan bahwa fair fall adalah rontok yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Hal-hal seperti stres akut, perubahan hormonal, dan pola diet ekstrem adalah faktor internal yang menentukan kesehatan akar rambut.

“Kemudian, tingkat polusi udara, serta kebiasaan menata rambut dengan suhu panas alat penata rambut menjadi faktor eksternal yang sangat umum dialami oleh perempuan urban yang dinamis dan bergaya,” kata Sitoresmi.

Jadi, Anda sudah perbaiki pola makan?