Ahli Gizi Ungkap Pola Makan Putri Beatrice Sehari sebelum Menikah

Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi saat menikah pada Jumat, 17 Juli 2020. (Instagram/@theroyalfamily/Benjamin Wheeler)

kesehatan

Ahli Gizi Ungkap Pola Makan Putri Beatrice Sehari sebelum Menikah

Jumat, 24 Juli 2020 17:45 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti kebanyakan calon pengantin wanita, Putri Beatrice jalani diet khusus untuk tampil paripurna di hari istimewanya. Sebelum menikah dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada Jumat, 17 Juli 2020, Putri Beatrice jalani diet khusus di bawah pengawasan ahli gizi Gabriela Peacock. 

Gabriela bukan orang baru bagi keluarga Kerajaan Inggris. Selain berteman dengan Putri Beatrice, ia juga membantu soal gizi Pangeran Harry dan putri lainnya kala menjelang pernikahan mereka.

"Saya suka membantu teman-teman saya mempersiapkan diri untuk acara-acara besar. Beatrice adalah salah satu teman terdekat saya dan kami semua sangat bersemangat untuknya," ujar Pendiri GP Nutrition baru-baru ini mengatakan kepada laman HELLO!.

Jadi, seperti apa pola makan Putri Beatrice sehari sebelum pernikahannya. Berikut rincian yang dikisahkan Gabriela dan kebanyakan pilihannya serba nabati.

  • Sarapan, pukul 6-9 pagi

"Pilihlah sarapan ukuran besar yang akan membuatmu tetap hidup," kata Gabriela. Ia merekomendasikan telur dengan sayuran, roti gandum atau buah-buahan, atau bubur protein atau granola dengan yoghurt tanpa pemanis.

  • Makan siang, pukul 11 pagi - 2 sore

Makan siang bak seorang ratu. Gabriela merekomendasikan fokus pada sumber protein tanpa lemak, sayuran dan biji-bijian utuh. Contohnya adalah sayuran dengan ayam, tahu atau ikan, dan quinoa, beras merah atau kentang manis.

Ia menyarankan untuk membuat dressing sendiri seperti cuka sari apel dan rempah segar, karena produk yang dibeli di toko sering mengandung banyak garam dan pengawet.

  • Ngemil, pukul 4-5 sore

Gabriela menegaskan bahwa ngemil adalah cara yang bagus untuk menstabilkan kadar gula darah untuk menghindari kemerosotan energi. Hindari produk-produk bergula dan pilih makanan ringan berprotein tinggi seperti kubus keju dengan buah, yoghurt, segenggam kacang kecil / biji-bijian, bubuk protein kocok, selai kacang dan irisan apel atau hummus dan crudite.

  • Makan malam, pukul 6-8 malam

"Jaga agar makan malammu lebih kecil dari makan siang dan sarapan," imbau Gabriela. Ikan putih, tahu atau kalkun dengan sayuran kukus akan menjadi makanan bergizi seimbang.

Dari menu di atas, ada beberapa hal yang disesuaikan mengingat Putri Beatrice beralih menjadi vegan. Pada 2019, sang Putri menjadi tuan rumah pesta ulang tahun ke-31 yang mewah dengan menu yang sepenuhnya berbasis tanaman, termasuk kue yang bebas susu.

Kembali ke soal menu diet menjelang pernikahan, Gabriela mengingatkan jangan terlalu menyiksa diri menjalaninya. Sebab ia tidak ingin calon pengantin terlihat lesu atau tertekan di hari bahagianya.

Ia juga menyarankan untuk berdiet dua atau tiga bulan sebelum hari H. Pertimbangannya kondisi usus dan waktu yang tepat untuk meningkatkan melalui probiotik. "Bakteri usus yang baik penting untuk memastikan Anda tidak merasa kembung atau tidak nyaman pada hari besar Anda," ungkapnya.

Selain itu, Gabriela melarang melakukan perubahan diet apa pun menjelang dua minggu pernikahan. Hal itu bisa menyebabkan kembung, kelelahan, atau peradangan."Mendukung keseimbangan daripada perubahan ekstrem yang berpotensi sebagai stres tambahan," tuturnya.

Setelah mengatur pola makan, Gabriela menyarankan konsumsi suplemen tertentu untuk meningkatkan manfaat dari diet, seperti omega-3 untuk kulit dan rambut yang sehat, vitamin B untuk tingkat energi, magnesium untuk kualitas tidur, dan suplemen untuk kombinasi semua vitamin dan mineral, serat, makanan super serta protein.

Tak hanya tips dan trik di atas, Gabriela juga membagikan kiat khusus agar sukses jalani diet pernikahan, yang kemungkinan besar diikuti oleh Putri Beatrice.

  1. Minum segelas air dengan jus lemon melalui sedotan. Hindari air panas karena ini cenderung menurunkan kadar vitamin C. Ini akan memberikan manfaat anti-penuaan, serta mencerahkan kulit dan membantu memudarkan bintik-bintik hitam.
  2. Minum segelas wheatgrass segar, atau tambahkan satu suntikan ke smoothie atau jus. Ini akan memberi makan kulit Anda dengan asam amino dan antioksidan untuk kulit yang lebih jelas dan tingkat energi yang lebih baik.
  3. Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air sebelum mengonsumsi telur. Ini bisa sulit dicerna karena kandungan proteinnya yang tinggi dan keasaman cuka sari apel akan membuat lebih banyak pepsin, enzim yang dibutuhkan untuk memecah protein.

NIA PRATIWI