Lightning Crotch, Rasa Nyeri pada Ibu Hamil yang Mengganggu tapi Tak Berbahaya

Hillary Duff mengalami rasa nyeri pada selangkangan atau lightning crotch saat menjalani kehamilan. (Foto: Instagram/@hillaryduff)

kesehatan

Lightning Crotch, Rasa Nyeri pada Ibu Hamil yang Mengganggu tapi Tak Berbahaya

Senin, 15 Maret 2021 18:38 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat hamil, para ibu bisa mengalami berbagai masalah yang berbeda, salah satunya adalah lightning crotch atau sakit pada selangkangan seperti yang dialami oleh Hilary Duff.

"Saya mengirim SMS kepada bidan saya beberapa hari yang lalu dan saya merasa 'ada apa dengan rasa sakit menusuk di vagina saya? Saya tidak merasakan ini,'" kata Duff dilansir Healthline, Senin.

Menurut Duff sensasi nyeri yang dirasakannya sangat mengerikan seperti disambar petir dan membuat traumatis.

"Nyerinya seperti datang tiba-tiba dan berlipat ganda lalu menghilang," ujar Duff.

Lightning crotch adalah rasa nyeri yang biasa terjadi saat kehamilan

Mary Jane Minkim, MD, seorang profesor klinis ilmu kebidanan dan reproduksi di Yale University School of Medicine mengatakan lightning crotch atau dikenal sebagai disfungsi simfisis pubis adalah kondisi medis aktual yang ditandai dengan nyeri menusuk yang tajam di area selangkangan, biasanya terjadi selama kehamilan.

Akan tetapi, tidak semua perempuan hamil mengalaminya, dan seorang perempuan dapat mengalami nyeri selangkangan selama satu kehamilan tetapi tidak harus setiap kehamilan. Penyebab lainnya adalah kram menstruasi, endometriosis, kista yang pecah, mittelschmerz, atau nyeri saat ovulasi, dan infeksi kandung kemih.

Penyebab timbulnya nyeri selangkangan

Lightning crotch dipicu oleh perubahan pada simfisis pubis, sendi yang terletak di antara tulang pubis kiri dan kanan. Hormon relaxin, yang diproduksi selama kehamilan, menyebabkan simfisis pubis terpisah dalam persiapan untuk persalinan, dan pemisahan inilah yang sebenarnya menyebabkan rasa sakit.

"Beberapa orang merasakan sedikit rasa sakit, sementara beberapa orang merasa sakit kronis," kata Dr. Minkin.

Dikutip dari Medical News Today, pergerakan janin dalam rahim juga bisa menimbulkan rasa nyeri di selangkangan. Janin yang melakukan peregangan, memutar, atau menendang bisa memberi tekanan pada saraf ibu.

Hal ini dapat menyebabkan nyeri tajam dan tiba-tiba di panggul, vagina, atau rektum.

Saat bayi tumbuh, kekuatan di belakang gerakan semakin kuat, yang dapat menyebabkan rasa sakit semakin meningkat.

Dr. Minkin mengatakan nyeri selangkangan mungkin mengganggu dan menyakitkan, tetapi tidak berbahaya.

"Orang benar-benar bisa mengalami ini secara substansial sebelum persalinan," kata Dr. Minkin.

Namun, jika nyeri selangkangan disertai dengan nyeri punggung bawah, mual, kontraksi yang konsisten, dan keputihan yang diwarnai darah, penting untuk segera ke rumah sakit, karena ini adalah tanda-tanda persalinan.

Cara meredakan rasa nyeri lightning crotch pada ibu hamil

Cara meredakan rasa nyeri ini bisa dilakukan dengan mudah. "Biasanya duduk atau mengubah posisi bisa dapat membantu karena menghilangkan tekanan rahim dari sisa panggul," kata Dr. Minkin.

Dia juga merekomendasikan mencoba sabuk penyangga perut atau korset untuk membantu menyangga panggul. Bantalan pemanas atau obat pereda nyeri yang dijual bebas juga bisa digunakan.

"Selama rasa sakitnya hilang, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," ujar Dr. Minkin.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengubah posisi tubuh. Mengubah posisi dapat menyebabkan Janin bergeser dan mengambil tekanan dari sarafnya.

Mandi air hangat juga dapat meredakan banyak ketidaknyamanan selama kehamilan, termasuk stres dan nyeri tubuh. Air hangat juga dapat membantu meredakan nyeri ligamen bundar. Namun pastikan bahwa air tidak terlalu panas, karena dapat meningkatkan suhu inti tubuh terlalu tinggi.

Anda juga bisa memilih untuk melakukan pijat pranatal. Pijatan mungkin tidak bisa mencegah selangkangan petir, tetapi dapat mengendurkan otot dan dapat meredakan nyeri secara keseluruhan selama kehamilan.

Pastikan bahwa Anda mendatagni terapis pijat bersertifikat berpengalaman yang berspesialisasi dalam pijat pranatal.

Rasa sakit yang disebut lightning crotch ini bisa terjadi secara sporadis dan bervariasi antar individu. Banyak ibu hamil tidak mengalami gejala ini sama sekali. Tapi mereka yang mengalami, lebih sering terjadi menjelang akhir kehamilan.

Baca juga: Pedoman Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Tambah Porsi Sayuran Setiap Hari

ANTARA | MEDICAL NEWS TODAY