Mengenal 16 Kepribadian dari Tes MBTI

Tes MBTI atau Indikator Tipe Myers-Briggs adalah tes kepribadian yang paling banyak digunakan di dunia. (Canva)

ragam

Mengenal 16 Kepribadian dari Tes MBTI

Jumat, 5 Maret 2021 22:49 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda mungkin tidak asing dengan istilah introvert dan ekstrovert. Banyak orang sudah lumrah membedakan wajah kepribadian orang lain dalam dua tipe itu. Berbeda dengan itu, lewat tes MBTI kepribadian seseorang dibagi menjadi 16 tipe.  

MBTI atau Indikator Tipe Myers-Briggs adalah tes kepribadian yang paling banyak digunakan di dunia. 

MBTI dikembangkan oleh Katherine Briggs dan didasarkan pada teori tipologi Carl Jung. Bapak psikologi asal Swis ini mengemukakan ada empat fungsi psikologis esensial yang kita pakai untuk melihat dunia ini.

Empat fungsi psikologis itu adalah sensasi, intuisi, perasaan, dan pemikiran. Setiap orang dipercaya akan mengandalkan satu fungsi psikologis itu lebih dari yang lainnya. 

Dalam tes MBTI biasanya terdapat 93 pertanyaan dengan dua pilihan jawaban. Lewat tes inilah Anda akan dikategorikan dalam salah satu dari 16 jenis kepribadian ini.

Mau tahu kategori MBTI sosok-sosok populer? Berikut daftarnya.

INTP (Insinyur) 

Mereka yang berkepribadian INTP adalah orang-orang yang selalu penasaran dengan banyak hal. Mereka juga cerdas mendalami teori dan ide. Orang dengan kepribadian ini merupakan pembicara yang hebat. 

Tokoh populer: Albert Einstein, Marie Curie, René Descartes dan Tina Fey

ENTP (Penggagas) 

"Penggagas" selalu memikirkan ide-ide baru. Mereka suka menemukan cara kreatif dalam melakukan sesuatu, daripada melakukan yang itu-itu saja.

Tokoh populer: Leonardo Da Vinci, Socrates, Sacha Baron Cohen dan Robert Downey Jr

ESTJ (Pengawas)

Para pekerja keras ini cenderung sangat praktis dan bertanggung jawab. Mereka lebih suka fakta dan pengalaman daripada ide. Mereka yang berkepribadian ESTJ juga pandai dalam memimpin.

Tokoh populer: Natalie Portman, Martha Stewart, Lucy Liu, Emma Watson, Alec Baldwin

ESFJ (Pendukung)

"Pendukung" adalah kupu-kupu sosial yang sangat menghargai hubungan. Mereka peduli pada orang lain di lingkaran sosial mereka, dan mereka senang dicintai.

Sosok yang memiliki kepribadian ini adalah Elton John. Penyanyi berkebangsaan Inggris ini memang diketahui memiliki banyak teman, termasuk mendiang Putri Diana.

Tokoh populer: Anne Hathaway, Penelope Cruz, Whitney Houston, Tyra Banks, dan Elton John.

ISTJ (Penguji)

Kepribadian ISTJ merasakan rasa tanggung jawab yang kuat. Mereka yang berkepribadian ISTJ ini secara teratur memeriksa dunia mereka, memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai rencana.

Tokoh populer: Matt Damon, Robert De Niro, John Malkovich, Sean Connery dan Kim Kardashian.

ISFJ (Pembela)

Mereka yang memiliki kepribadian ISFJ hadir untuk untuk orang lain. Mereka dapat mengetahui hal yang dibutuhkan keluarga dan teman mereka, serta juga mengabdikan diri untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tokoh populer: Bunda Teresa, Halle Berry dan Kanye West.

ESTP (Pembujuk)

"Pembujuk" adalah sekelompok orang yang ramah dan antusias yang tinggal di sini dan saat ini. Mereka yang memiliki kepribadian ini tidak terlalu terkesan dengan aturan, lebih memilih untuk segera menyelesaikan masalah, daripada menunggu solusi yang lebih tradisional.

Tokoh populer: Merryl Streep, Alfred Hitchcock, Harry Houdini, dan Ryan Seacrest.

ESFP (Penghibur) / Marilyn Monroe

Kepribadian ESFP suka menjadi pusat perhatian dan pandai membuat penonton senang. Mereka menyukai kegembiraan dan aksi. Mereka juga jarang ditemukan sendirian. Bagi orang-orang ini, dunia adalah panggung.

Tokoh populer: Marilyn Monroe, Quentin Tarantino, Beyoncé, Steven Spielberg, Leonardo DiCaprio dan Justin Bieber.

ISTP (Pengrajin)

Orang-orang dengan kepribadian ISTP selalu melakukan petualangan yang mengasyikkan. Mereka sangat terampil secara teknis, mampu membangun rumah atau menguasai Kung Fu.

Tokoh populer: Bruce Lee, Ellen Page, Scarlett Johansson, Frank Zappa, Miles Davis, Tom Cruise, Woody Allen dan Eminem.

ISFP (Seniman)

Secara alami orang dengan kepribadian ISFP adalah tipe kreatif yang sangat menghargai keindahan. Mereka memiliki kehidupan batin yang kaya dan cepat mencoba mode dan tren baru.

Tokoh populer: John Travolta, David Bowie, Lady Gaga, Mick Jagger, Jimi Hendrix, Ryan Gosling dan Avril Lavigne

ENTJ (Pemimpin)

Orang dengan kepribadian ENTJ adalah pemimpin alami. Mereka menyadarai itu, maka mereka hebat dalam mengatur kelompok besar. Mereka juga tidak malu mengungkapkan pikiran, terutama ketika mereka menemukan solusi yang bagus.

Tokoh populer: David Letterman, George Clooney dan Adele.

INTJ (Ahli Strategi) 

Tipe INTJ sangat bijaksana. Mereka menghabiskan banyak waktu membuat rencana dan melaksanakannya. Mereka adalah pemimpin alami, yang lebih suka berada di belakang panggung. Untuk bersenang-senang, mereka cenderung menikmati percakapan yang intens, daripada pesta yang bising.

Tokoh populer: Isaac Newton, Mark Zuckerberg, Elon Musk, Nikola Tesla, Stephen Hawking, James Cameron dan Russell Crowe.

ENFJ (Mentor) 

Tipe ENFJ adalah orang-orang karismatik yang sangat hangat dan populer di kalangan orang lain. Mereka suka membantu teman mereka tumbuh dan mencapai potensi penuh mereka, dan mereka menawarkan dorongan yang besar.

Tokoh populer: Johnny Depp, Oprah Winfrey, Morgan Freeman, Bono.

ENFP (Advokat)

Kepribadian ENFP memiliki nilai-nilai yang kuat dan melakukan segala yang mereka bisa untuk memperbaiki dunia. Mereka memiliki bakat alami untuk mengekspresikan diri dan mengeluarkan pikiran, melakukan yang terbaik untuk membuat perbedaan.

Tokoh populer: Mark Twain, Oscar Wilde, Robin Williams.

INFJ 

Tipe kepribadian INFJ adalah jenis langka, yakni hanya kurang dari 1% keseluruhan populasi. Tipe ini lembut dan penuh perhatian. Orang dengan kepribadian INFJ tanpa henti berusaha membawa keharmonisan bagi semua. Orang INFJ secara alami mendatangi mereka yang sedang mengalami masalah. Ini mungkin karena INFJ yang berempati adalah pendengar yang hebat.

Tokoh populer: Shirley Temple, Plato, Joanna Newsom dan Sufjan Stevens

INFP (Pemimpi)

Sosok yang berkepribadian INFP adalah para pemimpi yang sangat imajinatif. Mereka  seringkali memiliki kemampuan bahasa dan seni. Mereka sangat idealis dan memiliki rasa ingin tahu yang tertanam sejak lahir.

Tokoh populer: JRR Tolkien, Virginia Woolf, JK Rowling, Vincent van Gogh dan seorang pria bernama William Shakespeare.

Itu tadi 16 tipe kepribadian MBTI. Anda sudah pernah mencoba tesnya? Kalau Anda masuk tipe apa? 

Perlu diingat, meskipun sangat populer, MBTI juga menjadi sumber kritik yang cukup besar karena validitas dan reliabilitasnya yang buruk. Jika kamu menggunakan tes MBTI, berhati-hatilah saat mempertimbangkan arti dari hasilmu.

Baca juga: Tipe Kepribadian INFJ, Si Idealis yang Sensitif

GIZMODO | FROM THE GRAPEVINE