Tipe Kepribadian INFJ, Si Idealis yang Sensitif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Kinanti Munggareni

google-image
INFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diidentifikasi oleh Myers-Briggs Type Indicator. (Canva)

INFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diidentifikasi oleh Myers-Briggs Type Indicator. (Canva)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaINFJ (introvert, intuitif, feeling, and judging) adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diidentifikasi oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Tipe ini kadang disebut sebagai "Pengacara" atau "Idealis". Orang-orang dengan kepribadian INFJ adalah orang yang kreatif, lembut, dan perhatian.

INFJ biasanya tertutup tetapi sangat sensitif terhadap perasaan orang lain. Mereka biasanya idealis, dengan standar moral yang tinggi dan fokus yang kuat pada masa depan.

INFJ senang memikirkan topik-topik yang dalam dan merenungkan makna hidup. Tipe INFJ dikatakan salah satu yang paling langka dengan hanya satu hingga tiga persen dari populasi yang menunjukkan tipe kepribadian ini.

Yang membedakan INFJ adalah kemampuan mereka untuk mengambil idealisme mereka dan menerjemahkannya menjadi tindakan. Mereka bukanlah pelamun atau filsuf yang hanya berpikir untuk mengubah dunia. Mereka mampu mengambil nilai-nilai yang dianut dan menggunakannya untuk membawa perubahan positif dalam jangka waktu panjang.

Meskipun MBTI sangat populer, MBTI juga menjadi sumber kritik yang cukup besar karena validitas dan reliabilitasnya yang buruk. Jika kamu menggunakan tes MBTI, berhati-hatilah saat mempertimbangkan arti dari hasilmu.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang kepribadian INFJ dalam ikhtisar ini, tetapi ini tidak boleh ditafsirkan sebagai nasihat kesehatan, psikologis, atau profesional.

Karakteristik utama INFJ 

Dengan intuisi dan pemahaman emosional yang kuat, INFJ bisa bersuara lembut dan berempati. Ini tidak berarti bahwa mereka adalah penurut. Mereka memiliki keyakinan yang kuat dan kemampuan untuk bertindak tegas untuk mendapatkan yang mereka inginkan.

Meskipun pada dasarnya mereka introvert, orang dengan tipe kepribadian ini mampu membentuk hubungan yang kuat dan bermakna dengan orang lain. Mereka senang membantu orang lain, tetapi mereka juga membutuhkan waktu dan ruang untuk memulihkan tenaga.

Meskipun tipe kepribadian ini dapat dicirikan oleh idealisme, ini tidak berarti INFJ melihat dunia melalui kacamata mawar. Mereka memahami dunia, baik dan buruk, dan berharap dapat membuatnya lebih baik.

Ketika harus mengambil keputusan, mereka lebih menekankan pada masalah pribadi daripada fakta obyektif saat membuat keputusan. Mereka juga suka melakukan kontrol dengan perencanaan, pengorganisasian, dan pengambilan keputusan sedini mungkin.

Kekuatan karakter INFJ

  • Peka terhadap kebutuhan orang lain
  • Pendiam
  • Sangat kreatif dan artistik
  • Berfokus pada masa depan
  • Nilai-nilai hubungan yang dekat dan dalam
  • Senang memikirkan tentang makna hidup
  • Idealistis

Kelemahan karakter INFJ 

  • Bisa jadi terlalu sensitif
  • Terkadang sulit untuk diketahui
  • Dapat memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi
  • Keras kepala
  • Tidak suka konfrontasi

INFJ juga memiliki bakat dalam bahasa dan biasanya cukup pandai dalam mengekspresikan diri. Mereka memiliki kehidupan batin yang jelas, tetapi mereka sering ragu-ragu untuk membagikannya dengan orang lain kecuali dengan orang-orang terdekat.

Meskipun orang dengan kepribadian INFJ cenderung pendiam dan sensitif, mereka juga bisa menjadi pemimpin yang baik. Bahkan ketika mereka tidak mengambil peran kepemimpinan secara terbuka, mereka sering bertindak sebagai pemberi pengaruh yang diam di belakang layar.

INFJ didorong oleh nilai-nilai kuat mereka dan mencari makna di semua bidang kehidupan mereka termasuk hubungan dan pekerjaan. Orang dengan tipe kepribadian ini sering digambarkan sebagai orang yang dalam dan kompleks. Mereka mungkin tidak memiliki lingkaran kenalan yang besar, tetapi persahabatan dekat mereka cenderung sangat dekat dan tahan lama.

INFJ tertarik untuk membantu orang lain dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Mereka cenderung menjadi pendengar yang baik dan pandai berinteraksi dengan orang-orang yang dekat dan terhubung secara emosional dengan mereka.

Meskipun mereka sangat peduli dengan orang lain, INFJ cenderung sangat tertutup dan hanya bersedia berbagi "diri mereka yang sebenarnya" dengan beberapa orang terpilih. Setelah berada dalam situasi sosial, INFJ membutuhkan waktu untuk sendiri.

Baca juga: Mencari Calon Pasangan Hidup Lewat Metode Tes Kepribadian Helen Fisher

VERYWELL MIND

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."