Jadi Orang Tua, Sissy Prescillia: Aku Bagian yang Peluk Anak, Rifat Mengawasi

Sissy Prescillia bersama suami, Rifat Sungkar, dan kedua putra mereka, El Mayka Rifat Sungkar dan Mikkairo Riley Sungkar. Instagram/@sysiio

keluarga

Jadi Orang Tua, Sissy Prescillia: Aku Bagian yang Peluk Anak, Rifat Mengawasi

Jumat, 26 Februari 2021 16:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti orang tua lainnya, aktris Sissy Prescillia dan pembalap Rifat Sungkar berupaya menjadi orang tua yang asyik dan menyenangkan bagi buah hati mereka. Sejak awal, pasangan ini menciptakan gaya komunikasi yang terbuka dan bertanggung jawab kepada kedua putra mereka, Mayka dan Kairo. Tujuannya agar mereka bisa menceritakan apa pun tanpa melewati batas antara orang tua dan anak.

"Gue konsepnya disiplin dan tanggung jawab. Dia harus tahu sama kewajiban dia dan tanggung jawab dia. Soalnya banyak yang keasyikan juga, respeknya (orang tua) gak dapat," ujar Rifat dalam Instagram Live "Menjadi Pasangan dan Orang Tua yang Asyik" di Instagram Mother & Baby, Kamis, 25 Februari 2021.

Menurut Rifat, nilai disiplin itu bisa membuat anak-anaknya disiplin dalam menjalani hidup, waktu, belajar, hingga menunaikan kewajiban serta haknya. Rifat juga menyebutkan peran penting Sissy sebagai filter anak-anak dalam membahas sesuatu atau mencari informasi yang sangat luas di era digital ini.

"Yang membuat anak-anak ada filter itu Sissy. Karena hari-hari lebih banyak sama Sissy daripada gue," jelas pembalap berusia 42 tahun itu.

Sissy dan Rifat juga menerapkan pembagian peran di depan anak mereka. Sissy lebih bersikap lembut, sementara Rifat bersifat lebih tegas. Menurut mereka, itu bukan seperti bad cop atau good cop, tapi lebih ke konsep ibu dan ayah versi mereka. "Aku yang memeluk, Rifat yang mengawasi," jelas pemeran Milly dalam Milly & Mamet itu.

Meski Sissy yang berperan lembut, anak-anaknya menganggap ia lebih cerewet dan galak. Sebabnya keseharian mereka banyak dihabiskan bersama Sissy.

Terkait situasi pandemi dan sekolah anak via daring atau online, Sissy mengaku menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua yang juga banyak beraktivitas di rumah. Sebisa mungkin ia dan Rifat bekerja sama mendampingi anak-anak belajar di rumah.

Sissy mengaku sempat sedih saat melihat anak pertamanya, Mayka, tak bisa menikmati sekolah tatap muka seperti sebelumnya. 

"Anakku yang besar baru kelas 1 SD. Dia sangat excited untuk masuk sekolah baru, tapi ternyata masuk ajaran baru malah pandemi. Kasian banget. Dia belum bisa menikmati fasilitas sekolah, belum bisa ketemu langsung teman-temannya," jelas perempuan 35 tahun itu.

Bicara soal minat anak, Sissy dan Rifat dari awal berkomitmen tidak memaksakan kehendak agar anak-anak harus berprofesi seperti mereka. Anak-anak diberi kebebasan memilih dan mereka memfasilitasi dari sisi edukasi ataupun alat. 

Menurut Sissy dan Rifat, keluarga mereka punya kebiasaan memperkenalkan anak ke lingkungan kerja mereka. Anak-anak beberapa kali melihat Rifat latihan atau tanding di arena balap atau sebaliknya melihat Sissy berakting di lokasi syuting film . Seiring berjalannya waktu, si sulung menunjukkan minat menjadi pembalap, sedangkan si bungsu lebih tertarik menjadi manajer kakaknya dan berkegiatan seni seperti alat musik dan menggambar.

"Kita enggak ngarahin, itu terjadi dengan sendirinya," pungkasnya.

Sissy Prescillia menikah dengan Rifat Sungkar pada 10 Juli 2010. Keduanya dikaruniai dua putra, El Mayka Rifat Sungkar (7 tahun) dan Mikkairo Riley Sungkar (5 tahun).

Baca juga:

Sissy Prescillia Sedih Tak Bisa Mengantar Anak Sekolah