9 Cara Merawat Rambut Berhijab, Cegah Lepek dan Kerontokan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Kinanti Munggareni

google-image
Ada banyak cara merawat rambut berhijab, salah satunya adalah dengan memilih sampo dan kondisioner yang tepat. (Canva)

Ada banyak cara merawat rambut berhijab, salah satunya adalah dengan memilih sampo dan kondisioner yang tepat. (Canva)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perempuan yang memilih untuk mengenakan hijab seringkali mengeluhkan kondisi rambut mereka. Salah satunya adalah berkotembe, serta lebih cepat berminyak dan lepek. Namun tenang, ada sejumlah cara merawat rambut bagi perempuan yang berhijab. 

1. Lepaslah jilbab saat sudah berada di rumah

Ini perlu kamu lakukan agar rambutmu bisa beristirahat. Melepas hijab dan ikatan rambut juga bisa memberikan udara bagi rambutmu. 

2. Jangan mengenakan hijab saat rambut masih basah

Penting untuk membiarkan rambut kering terlebih dulu sebelum mengenakan hijab jika kamu tidak mau menciptakan timbulnya jamur di kepala. 

Hindari pula mengikat rambut dalam keadaan basah. Ini akan membuat rambut tegang dan memicu munculnya ketombe.

3. Sisir rambut saat hendak keramas

Mengikat rambut dan mengenakan hijab bisa membuat rambutmu sedikit kusut. Apalagi jika rambutmu panjang dan harus diikat cepol selama memakai hijab. 

Oleh karena itu, kamu sebaiknya menyisir rambut sebelum keramas. Gunakan sisir bergigi jarang dan lebar agar mudah meluruskan kembali rambut yang kusut. 

Selain itu, menyisir rambut juga mencegah kerontokan rambut dan membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala dan bisa membantu menumbuhkan rambut. 

4. Gunakan sampo sesuai dengan jenis rambut

Mengenakan sampo yang tepat untuk jenis rambut adalah tips yang berlaku untuk semua orang. Ini pula yang harus dilakukan bagi mereka yang mengenakan hijab.

Hijab sedikit banyak membuat rambut berminyak dan lebih lembab. Untuk itu gunakanlah sampo dan kondisioner berbahan ringan.

Hindari pula terlalu sering keramas agar minyak alami di kulit kepala tidak banyak berkurang. Jika kulit kepala terlalu kering, kita akan merasakan gatal-gatal. 

5. Pilih kain berbahan katun atau chiffon

Kain yang memiliki serat alami dan ringan seperti chiffon dan katun bisa membuat kulit kepala bernapas. 

Kain yang terlalu ketat bisa menurunkan aliran darah ke folikel rambut. Ini bisa membuat rambut menjadi stres dan rontok. 

Sesuaikan pula bahan hijab dengan keadaan cuaca. Tidak ada salahnya menggunakan jilbab berbahan tebal. Namun pastikan, saat cuaca terlalu panas dan udara cukup gerah, gunakan kain yang tipis. 

6. Potong rambut secara berkala

Meski sehari-hari rambutmu tertutup hijab, jangan lupa untuk rajin memotong ujung rambut atau melakukan trim. Ini bisa membantumu mengatasi ujung rambut yang bercabang dan kering.

7. Pastikan hijab yang dipakai bersih

Jangan malas untuk mencuci hijab. Jika kamu menggunakan hijab secara berulang hingga berhari-hari, kamu akan berisiko dengan jamur. 

Cuci bersih hijab setelah dipakai seharian. Pastikan pula kain hijab telah kering dengan baik sebelum menggunakannya. 

8. Gunakan masker rambut secara rutin

Dengan menggunakan masker rambut secara rutin, rambut kamu menjadi lebih kuat dan sehat. Ini tentu akan membuat rambutmu tidak mudah mengalami kerusakan atau kerontokan.

9. Beri asupan protein yang cukup untuk tubuhmu

Rambut terbentuk dari protein. Kekurangan protein akan membuat mahkota kepalamu ini lemah dan berujung pada kerontokan. Untuk itu perbanyak makan ikan-ikanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3.

Itu tadi 9 cara merawat rambut berhijab ini untuk menjaga agar rambutmu tetap sehat dan kuat.  Selamat mencoba!

Baca juga: 8 Cara Merawat Rambut Secara Alami Agar Tumbuh Subur

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."