Cabai Rawit Bisa Atasi Rambut Rontok dan Berketombe bagi Hijaber

Ilustrasi cabai rawit. Depositphotos

kecantikan

Cabai Rawit Bisa Atasi Rambut Rontok dan Berketombe bagi Hijaber

Jumat, 13 Desember 2019 11:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaCabai rawit salah satu tumbuhan yang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Cabai rawit merupakan bahan utama untuk pembuatan sambal. Namun siapa sangka si pedas ini memiliki manfaat lain untuk perawatan rambut, khususnya mengatasi rambut rontok.

Dilansir dari laman Huffington Post, dermatolog Sejal K. Sete, M.D., mengatakan bahwa kandungan capsaicin dalam cabai rawit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Keduanya bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah, sehingga dapat membantu untuk kesehatan kulit kepala dan rambut

Hal ini pun disepakati oleh Maily selaku Corporate Advance Research & Evolution Center Head dari Martha Tilaar Group. Dalam keterangan pers yang diterima Cantika, menurut Maily, kandungan capsaicin pada cabai rawit teruji secara klinis mampu mencegah rambut berketombe, mengatasi rambut rontok, dan menyegarkan kulit kepala.

“Penggunaan cabai rawit pada produk hair care dapat membantu para wanita, terutama wanita berhijab untuk mengatasi masalah rambut rontok, berminyak, dan berketombe,” kata Maily.

Selain itu menurutnya, kandungan capsaicin pada cabai rawit juga dapat merangsang folikel rambut sehingga membantu pertumbuhan rambut.

Dahulu penggunaan cabai rawit untuk perawatan rambut masih menggunakan bubuk cabai yang dicampurkan dengan minyak zaitun. Namun hal itu bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Sariayu Hijab Series. Foto: Dok. Sariayu

Oleh karena itu, Sariayu Martha Tilaar yang mengusung konsep Clean Beauty, tak hanya memikirkan manfaat bahan baku, tapi juga memperhatikan keamanan penggunaan produk bagi penggunanya.

Kandungan cabai rawit dalam produk Sariayu Martha Tilaar terdapat pada Sariayu Hijab seriesterdiri dari Sariayu Hijab Shampoo Refresh, Sariayu Hijab Conditioner, Sariayu Hijab Hair Tonic Lotion dan Sariayu Hijab Hair Mist yang dapat bermanfaat bagi kulit kepala dan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat cabai rawit secara sempurna disarankan setiap wanita berhijab menggunakan keseluruhan dari rangkaian produk di atas. Adapun urutan pemakaian dari Sariayu Hijab series ini sebagai berikut.

1. Gunakan Sariayu Hijab Shampoo.

2. Lalu gunakan Sariayu Hijab Conditioner.

3. Setelah rambut sudah setengah kering dapat menggunakan Sariayu Hijab Hair Tonic

4. Tahap terakhir untuk menyegarkan kulit kepala dapat menggunakan Sariayu Hijab Hair Mist