8 Cara Merawat Rambut Secara Alami Agar Tumbuh Subur

Menjaga rambut agar tumbuh dengan subur bisa dilakukan dengan cara-cara alami. (Foto: Canva)

kesehatan

8 Cara Merawat Rambut Secara Alami Agar Tumbuh Subur

Minggu, 21 Februari 2021 13:34 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Rambut adalah mahkota perempuan. Oleh karena itu, kerontokan rambut sering membuat cemas dan menimbulkan rasa tidak percaya diri. Ada banyak cara merawat rambut untuk mencegah kerontokan dan memicu pertumbuhannya. Berikut kami kumpulkan sejumlah solusi dengan penggunaan bahan alami.

1. Mengoleskan gel lidah buaya

Lidah buaya dipercaya bisa mengobati rambut rontok. Bahan alami ini juga dapat menenangkan kulit kepala dan merawat rambut. Selain itu, lidah buaya mampu mengurangi ketombe dan membuka folikel rambut yang tersumbat oleh minyak berlebih. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya murni ke kulit kepala dan rambut beberapa kali seminggu. Cara lainnya adalah dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya.

2. Membalur rambut dengan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang menembus ke dalam batang rambut dan mengurangi hilangnya protein dari rambut. Minyak kelapa bisa digunakan sebelum atau sesudah keramas, tergantung jenis rambut. Jika rambut kamu cenderung berminyak, kamu bisa melakukan perawatan tanpa bilas semalaman atau selama beberapa jam sebelum keramas. Caranya dengan memijatkan minyak kelapa ke kulit kepala dan seluruh rambut. Jika rambut kamu kering, kamu juga bisa menggunakannya sebagai perawatan tanpa bilas.

3. Mengkonsumsi minyak ikan

Asam lemak omega dapat membantu memperbaiki rambut dari dalam karena mengandung nutrisi dan protein. Mengkonsumsi suplemen omega dan antioksidan dapat membantu meningkatkan kepadatan dan diameter rambut, serta dapat mengurangi rambut rontok. Asam lemak omega membantu sel-sel bekerja dengan baik dan dapat meningkatkan kekebalan, sehingga menghasilkan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

4. Minum suplemen ginseng

Suplemen ginseng dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut. Ginsenosides yang merupakan komponen aktif ginseng dianggap memiliki efek positifnya pada rambut. Saat minum suplemen ginseng ikutilah petunjuk dan pastikan untuk memeriksa kemungkinan efek samping.

5. Jus bawang merah

Jus bawang merah telah terbukti berhasil mengobati alopecia areata yang tidak merata dengan meningkatkan pertumbuhan rambut. Jus bawang merah juga dianggap dapat meningkatkan sirkulasi darah. Penelitian pada hewan menunjukkan peningkatan faktor pertumbuhan keratin dan aliran darah ke kutikula. Jika tidak kuat dengan bau bawang, kamu bisa mengoleskan jus ini ke kulit kepala dan rambut. Setelah itu, biarkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu keramas seperti biasa.

6. Menggunakan minyak esensial rosemary untuk pijat kepala

Rosemary adalah salah satu minyak esensial yang dipilih orang untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Minyak ini bisa merangsang pertumbuhan rambut baru dan dapat digunakan untuk mengobati alopecia androgenetik. Campurkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam carrier oil dan pijatkan ke rambut dan kulit kepala, lalu bilas. Lakukan ini beberapa kali seminggu. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam sampo dan kondisioner setiap hari. Ingat pula jangan gunakan minyak esensial langsung pada kulit. Selalu campurkan dengan carrier oil atau sampo.

7. Mencampur sampo dengan minyak geranium

Kamu bisa menggunakan minyak geranium untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi. Campurkan beberapa tetes ke dalam carrier oil dan gunakan untuk membuat masker rambut. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak geranium pada sampo atau kondisioner. Minyak geranium dapat membantu memperkuat, melembabkan, dan memulihkan kondisi rambut.

8. Menggunakan masker rambut jeruk nipis

Jus lemon segar atau minyak lemon dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Minyak lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut. Oleskan jus lemon segar ke kulit kepala dan rambut 15 menit sebelum keramas. Kamu juga bisa menggunakan minyak esensial lemon yang diencerkan dengan carrier oil sebagai masker rambut.

Itu tadi cara merawat rambut secara alami. Perlu diingat, perawatan rambut harus dilakukan dengan konsisten. Butuh waktu beberapa bulan hingga hasil dan manfaatnya nyata terlihat.

Baca juga: 10 Cara Merawat Rambut Kering dengan Mudah, Mulai dari Makanan Sehat