Memilih Nama Bayi, Beda Kebudayaan Beda Cara

Nama bayi biasanya menggambarkan harapan orangtua. Foto: Canva

keluarga

Memilih Nama Bayi, Beda Kebudayaan Beda Cara

Selasa, 16 Februari 2021 11:04 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama adalah doa dan harapan yang melekat. Nama juga akan menjadi identitas yang dipegang manusia sejak lahir hingga sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, arti nama menjadi penting bagi seseorang. Ini seringkali menjadi beban bagi para orangtua dalam memilih nama bayi yang tengah mereka nantikan.

Di era modern, pertemuan kebudayaan membuat pilihan nama menjadi begitu banyak dan luas. Maka tak heran kita menemukan anak Indonesia dengan nama yang sangat barat, bercampur dengan nama belakang yang bernuansa Sansekerta. 

Setiap kebudayaan di dunia memiliki cara yang berbeda dalam memilih nama bayi. Teresa Norman, dalam buku bertajuk A World of Baby Names, menyebutkan orang-orang Afrika memberi bayi mereka nama yang menggambarkan kebahagiaan orangtua. Sementara bagi orang Cina dan Yunani, penting untuk menambahkan nama keluarga pada bayi mereka. Nama juga diberikan secara bertahap dalam setiap fase kehidupan.

Pemberian nama bayi di Afrika

Kelahiran seorang anak di seluruh wilayah Afrika disambut dengan sukacita. Pemberian nama untuk bayi yang baru lahir dilakukan dalam sebuah upacara ritual dan meriah.

Banyak etnis di Afrika yang tidak memberikan nama kepada anak-anak mereka sesaat setelah bayi lahir. Orang-orang Yoruba, etnis yang tersebar di wilayah barat Afrika, misalnya, memberikan nama bayi perempuan pada hari ke-7 setelah proses persalinan, dan bayi laki-laki pada hari ke-9. Tradisi berbeda dilakukan keluarga Muslim dan Kristiani yang memberikan nama di hari ke-8. 

Pemilihan nama biasanya dilakukan berdasarkan keadaan di sekitar saat proses persalinan, kondisi kehidupan keluarga, serta harapan orangtua akan bayi mereka. Pilihan nama bayi juga biasanya berdasarkan ciri fisik bayi. Ada pula yang memberikan nama dengan merujuk tokoh penting.  

Berikut contoh nama bayi orang-orang Afrika.

Nama bayi laki-laki Afrika

Othenio: lahir pada malam hari

Radhi: kehendak Tuhan

Simba: singa

Nama bayi perempuan Afrika

Acenith: nama dewi cinta dalam kebudayaan Afrika 

Adamma: anak yang cantik, kecantikan 

Kamaria: seperti bulan 

Bayi Cina memiliki nama yang rumit

Kebudayaan Cina memiliki sistem penamaan kompleks, dan menjadi salah satu yang tertua, di dunia. Secara tradisional, bayi-bayi Cina baru mendapatkan nama 100 hari setelah kelahiran mereka. Namun, di era modern, negara mewajibkan para orangtua mendaftarkan nama bayi mereka satu bulan setelah kelahiran.

Mereka yang baru lahir, baik perempuan maupun laki-laki, akan memiliki “nama susu” yang biasanya diberikan oleh orangtua setelah berkonsultasi dengan kakek dan nenek bayi. Seiring waktu, setelah nama resmi ditetapkan, nama susu akan dipakai sebagai julukan dalam keluarga. Sebuah tradisi bagi orang-orang Cina untuk memberikan nama susu yang tidak menyenangkan sebagai cara untuk menangkal setan.

Anak laki-laki nantinya juga akan menerima “nama sekolah” yang diberikan saat mereka menginjak usia remaja. Nama ini akan digunakan oleh orang yang lebih tua untuk memanggil mereka. Di usia dewasa, laki-laki akan menerima nama resmi yang dipakai ketika mereka bekerja untuk pemerintahan. Baik laki-laki maupun perempuan akan memiliki nama panggilan, nama tengah, dan nama hiasan yang memiliki arti baik dan lebih personal. 

Berikut beberapa contoh nama bayi Cina beserta artinya.

Nama bayi laki-laki Cina

jia: orang yang bersifat luar biasa, baik

gan: petualang

wang: harapan, keinginan, hasrat 

shen: semangat, pemikiran yang dalam

Nama bayi perempuan Cina

mei: cantik

da-xia: musim panas yang panjang

feng: burung phoenix, burung legenda yang abadi

lin lin: nama yang menunjukkan suara lonceng yang cerah dan ceria

Nama keluarga melekat pada bayi Yunani

Nama bayi Yunani di era modern banyak diambil dari tokoh-tokoh suci Gereja Ortodoks Yunani. Namun, penamaan secara tradisional masih dilakukan hingga sekarang. Ada tradisi khusus yang disesuaikan dengan urutan kelahiran para anak. Bayi pertama laki-laki akan mendapat nama kakek, sementara bayi perempuan akan mendapatkan nama dari pihak nenek. Anak kedua, baik perempuan ataupun laki-laki, akan menerima nama dari pihak nenek. Sementara bayi yang lahir setelahnya akan mendapatkan nama dari anggota keluarga lain. 

Bayi Yunani juga akan menerima nama baptis pada hari ke-10 setelah lahir. Selain itu para bayi juga akan mendapatkan nama keluarga yang diambil dari pihak ayah. 

Nama bayi laki-laki Yunani

Adonis: tampan dan berwajah menarik

Aristides: berasal dari kata aristos yang berarti terbaik

Juro: Petani

Kal: yang memiliki kekuatan

Nama bayi perempuan Yunani

Agathe: perempuan yang baik

Effie: yang memiliki reputasi paling baik

Lyra: salah satu alat musik, konstelasi bintang

Ophelia: yang selalu memberikan bantuan

Nah, untuk Anda yang sedang menantikan kehadiran buah hati dan kebingungan memilih nama bayi bisa menggunakan cara-cara yang dipakai orang-orang dari tiga kebudayaan di atas.

Baca juga: Elon Musk Pakai Kode untuk Nama Anaknya, Æ A-12