Potong Rambut Kemaluan di Rumah? Hindari Pakai Gunting Ini Menurut Dokter

Ilustrasi vagina. Shutterstock

kesehatan

Potong Rambut Kemaluan di Rumah? Hindari Pakai Gunting Ini Menurut Dokter

Kamis, 11 Februari 2021 19:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah wanita memilih waxing atau laser untuk menghilangkan rambut kemaluan demi alasan estetika penampilan dan seks. Beberapa perempuan lainnya memilih menipiskan rambut kemaluan agar tak terlalu lebat. Ada pula yang membiarkannya sehingga rambut kemaluannya lebat. Apa pun pilihannya itu tergantung preferensi masing-masing. Yang pasti, menjaga kebersihan rambut kemaluan menjadi prioritas dan utama. 

Sejumlah pakar membagikan tips merawat dan membersihkan rambut kemaluan seperti dikutip dari laman Vogue.

1. Jika Memotong Sendiri di Rumah, Perhatikan Pemakaian Gunting

Dokter kebidanan dan ginekologi holistik yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Eden Fromberg, mengingatkan tak menggunakan gunting kertas atau gunting dapur saat memotong rambut kemaluan demi keselamatan dan keamanan. Pakailah gunting kecil.

Sebelum digunakan, sterilkan dulu mata pisau dengan alkohol. Untuk hasil mencukur yang lebih baik, gunakan cermin pembesar. Jika rambut kemaluan cukup panjang, sisir bergigi rapat dapat membantu menahannya saat Anda memangkasnya.

Jika Anda lebih suka mencukur hanya dengan merapikan area tersebut, lakukan dengan krim cukur alami yang mengandung Vitamin E dan ekstrak tumbuhan seperti Witch Hazel.

2. Bersihkan Secara Berkala, tapi Jangan Berlebihan 

“Saat Anda tak memangkas rambut kemaluan, perawatan kebersihannya sangat penting karena kamu mungkin memiliki lebih banyak masalah dengan keringat, bau, dan bakteri di rambut kemaluan,” kata Bea Feliu-Espada, pendiri merek perawatan feminin The Honey Pot di Amerika Serikat. 

Ia menyarankan untuk menggunakan pembersih feminin lembut dengan pH seimbang yang bebas dari wewangian buatan, paraben, dan sulfa. “Hindari menyabuni vulva, labia, atau di dalam vagina, yang dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi,” jelas dokter Fromberg.

3. Menutrisi dan Melembutkan Rambut Kemaluan

“Memotong dan mencukur rambut kemaluan akan membuat ujungnya terasa lebih gatal dan teksturnya kasar, jadi [salah satu] manfaat membiarkan rambut kemaluan panjang adalah terasa lembut,” ungkap Fromberg. Namun bukan berarti Anda tidak bisa membuat teksturnya lebih lembut.

Salah satu pilihan untuk melembutkan rambut kemaluan dengan memakai fur oil, yang juga dipakai aktris Emma Watson, yang terbuat dari biji anggurnya, biji clary sage yang mengandung sifat anti-inflamasi, dan minyak jojoba yang melembutkan rambut kemaluan.

4. Biarkan Area Rambut Kemaluan Bernapas

Pilih juga pakaian dalam yang nyaman untuk rambut kemaluan. “Hindari pakaian ketat dan biarkan area kemaluan kamu bernafas setelah hari yang melelahkan atau olahraga yang berkeringat,” ujar Fromberg. Jadi, jauhi kain sintetis penahan kelembapan dan pilihlah pakaian dalam katun organik, seperti celana dalam pendek katun organik.

Perlu diingat, rambut kemaluan juga berfungsi melindungi kulit dari iritasi akibat kain yang tidak nyaman. Jadi, sayangi betul dengan rutin membersihkan dan merawatnya, ya, teman Cantika.

Baca juga:

Selain Cegah Risiko Infeksi, Cek 3 Manfaat Rambut Kemaluan Lebat 

VOGUE