Tips Mencegah Maskne dan Kulit Kering karena Sering Mencuci Tangan

Ilustrasi wanita pakai masker sambil bekerja. Freepik.com

kecantikan

Tips Mencegah Maskne dan Kulit Kering karena Sering Mencuci Tangan

Minggu, 30 Agustus 2020 22:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebiasaan kita berubah di masa pandemi Covid-19. Sekarang semua orang harus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona. Pakai masker setiap keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menjaga jarak satu sama lain.

Kebiasaan baru memakai masker dan rajin mencuci tangan membuat kondisi kulit wajah dan tangan berubah. Masker yang menutupi sebagian pipi, mulut, hidung, dan dagu dalam beberapa jam membuat sebagian orang mengeluh gatal-gatal, iritasi, dan jerawat yang muncul di area itu.

Pergelangan tangan yang selalu dibasuh dengan air mengalir dan sabun juga kerap menjadi lebih kering dari sebelumnya. Kondisi kulit yang kering tak jarang memicu gangguan lain, seperti gatal-gatal, busikan, sampai kulit terkelupas.

Spesialis Dermatovenereologi, dokter Sonia Hanifati mengatakan era new normal membuat setiap orang harus beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru. "Rutinitas baru tersebut tidak jarang menimbulkan keluhan yang mengganggu, misalnya jerawat akibat memakai masker terlalu lama, kulit kering, hingga iritasi kulit," ucap Sonia dalam Virtual Media Briefing Bamed Healthcare, Rabu 26 Agustus 2020.

Ilustrasi cuci tangan. pixabay.com

Munculnya jerawat akibat memakai masker disebut juga dengan mask-acne atau maskne. Untuk mencegah kondisi ini, Sonia menyarankan rajin mengganti masker setiap empat jam sekali, langsung cuci masker setelah dipakai, dan minimalisir penggunaan makeup di area wajah yang tertutup masker. Sonya juga menyarankan untuk memakai produk perawatan kulit non-comedogenic dan memilih pelembap wajah yang ringan untuk mencegah pori-pori kulit tersumbat.

Penting juga untuk mengecek lagi bahan-bahan yang terkandung dalam produk perawatan kulit, apakah dalam kondisi bersih atau perlu dicuci atau diganti, dan berapa lama frekuensi penggantiannya. Sebab, menurut Sonya, peralatan makeup yang kotor rentan memicu masalah pada kulit wajah.

Untuk mencegah kulit tangan kering karena terlalu sering mencuci tangan, Sonya menyarankan agar segera mengapliksikan pelembap atau hand cream seusai mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer.

EKA WAHYU PRAMITA