Jill Biden Pakai Korsase saat Pelantikan, Tradisi Pernikahan dengan Joe Biden

Presiden AS Joe Biden dan Ibu Negara AS Jill Biden berpose bersama keluarga mereka di depan patung Abraham Lincoln pada acara "Celebrating America" di Lincoln Memorial setelah pelantikan presiden AS di Washington, AS, 20 Januari 2021. REUTERS/Joshua Roberts

cinta

Jill Biden Pakai Korsase saat Pelantikan, Tradisi Pernikahan dengan Joe Biden

Jumat, 5 Februari 2021 08:06 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Penampilan ibu negara Amerika Serikat, Jill Biden saat hari pelantikan suaminya, Joe Biden, pada 20 Januari 2021, mencuri perhatian publik. Setiap detail busananya memiliki makna tersirat, termasuk korsase atau hiasan berbentuk bunga warna putih yang melingkar di lengannya.

Jill Biden mengatakan bahwa dia memakai korsase bagian dari tradisi lama dengan Presiden Joe Biden. Pria 78 tahun itu, kerap memberikan istrinya korsase yang terbuat dari bunga gardenia putih, bunga favoritnya, berkali-kali selama pernikahannya. Namun saat momen pelantikan Jill Biden menganggap untuk Hari Valentine, sedangkan Biden mengkonfirmasi bahwa itu memang pertama kalinya dia membelikan korsase.

"Itu hanya tradisi, dan dia mengejutkanku dengan itu," kata Biden, seperti dilansir dari laman Glamour, dia terkejut orang-orang dapat melihatnya di pergelangan tangannya. "Tapi saya rasa dengan lensa zoom, Anda melihat semuanya.”

Presiden AS Joe Biden dan ibu negara Jill Biden menyaksikan kembang api dari Gedung Putih setelah dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 pada 20 Januari 2021. Saat pelantikan Joe Biden bersumpah untuk "melestarikan, melindungi dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat." REUTERS/Tom Brenner

Namun selain Jill Biden, ibu negara terdahulu Mamie Eisenhower, istri Presiden Dwight D. Eisenhower, dan Betty Ford, istri Presiden Gerald Fold mengenakan korsase pada malam pelantikan, yang menjadikannya semacam tradisi Gedung Putih.

Di malam pelantikan, yang diberi nama Celebrating America, Jill Biden, tampil elegan mengenakan gaun dan mantel putih yang dihiasi dengan sulama bunga. Gaun itu rancangan Gabriela Hearst, yang membawa pesan persatuan. "Persatuan membuat kekuatan dan dibutuhkan untuk jalan di depan. Simbol mekar untuk mewakili pesan ini adalah bunga federal dari setiap negara bagian dan teritori Amerika Serikat. Bunganya disulam menjadi mantel kasmir di garis keliman dengan pola yang naik secara organik di keliman samping," tulisnya dalam unggahan di Instagram. 

Baca juga: Demi Menghargai Guru, Jill Biden Ingin Tetap Mengajar saat Jadi Ibu Negara

Detail pada gaun Jill Biden itu, terdapat sulaman yang ditempatkan di garis leher dan lengan sutra organza. Bagian tubuh gaun itu dibuat dari kain wol sutra. "Bunga Delaware diposisikan di bagian dada, dari sana, semua bunga lainnya bercabang," lanjut Hearst.