Jennifer Lopez Serba Putih di Pelantikan Joe Biden, Ada Makna Kesetaraan

Penyanyi Jennifer Lopez tampil selama pelantikan Joe Biden sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat di Capitol AS di Washington, AS, 20 Januari 2021. Sejumlah tokoh ternama menghadiri pelantikan Joe Biden.REUTERS/Kevin Lamarque

mode

Jennifer Lopez Serba Putih di Pelantikan Joe Biden, Ada Makna Kesetaraan

Jumat, 22 Januari 2021 09:46 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam momen pelantikan Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris di Capitol Hill, Amerika Serikat, pada 20 Januari 2021, beragam kisah di balik busana para penampil saat itu. Salah satu yang tak boleh dilewatkan gaya serba putih penyanyi Jennifer Lopez saat menyanyikan lagu This Land is Your Land yang diubah menjadi Let's Get Loud.

Tunangan Alex Rodriguez itu terlihat chic mengenakan busana serba putih dari Chanel, celana berpayet, coat, serta blus ruffle. Rambutnya disisir ke belakang bergaya kuncir ekor kuda.

Melansir laman Insider, Jennifer Lopez melengkapi busana serba putih yang dipakainya dengan aksesori serba bling,dan mutiara, yang kemungkinan besar menghormati Wakil Presiden Kamala Harris. Wanita telah mengenakan pakaian putih dalam perjuangan mereka untuk persamaan hak selama seabad terakhir, menurut National Park Service (NPS).

Pada awal abad ke-20, wanita di Amerika Serikat mengadvokasi hak mereka untuk memilih. Ada tiga warna penting bagi para wanita tersebut, yaitu ungu melambangkan kesetiaan, emas melambangkan kampanye Susan B. Anthony dan Elizabeth Cady Stanton di Kansas, dan putih melambangkan kemurnian dan kebajikan, menurut CR Fashion Book

Wanita yang memperjuangkan hak pilih, mengenakan pakaian serba putih untuk pawai. Mereka juga mengenakan warna baju yang sama untuk mengajak orang lain bergabung dengan gerakannya, daripada memakai seragam, menurut NPS.

Di masa ketika foto dicetak dalam hitam dan putih, pakaian putih membuat gerakan wanita muncul di koran. Sejak itu, politisi wanita telah mengenakan pakaian putih monokromatik sebagai wujud hak pilih, seperti yang dilaporkan oleh Insider sebelumnya. 

Baca juga: Joe Biden Dilantik, Jill Biden Elegan dalam Balutan Gaun Biru Markarian

NIA PRATIWI