Gelisah Menjelang Pernikahan? Jangan Lupa Manjakan Diri dan 4 Hal Ini

Ilustrasi wanita memegang gaun pengantin. shutterstock.com

cinta

Gelisah Menjelang Pernikahan? Jangan Lupa Manjakan Diri dan 4 Hal Ini

Rabu, 20 Januari 2021 12:15 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Meski semua persiapan pernikahan berjalan lancar, kecemasan dan kegelisaha tak sirna dari hati. Apakah kamu sedang mengalami perasaan itu? Tenang, kamu tidak sendirian. Hampir setiap pengantin wanita merasakan perubahan emosi seperti rollercoaster sebelum hari besarnya.

Jangan biarkan perasaan gelisah dan cemas mengalahkan energi positif kamu, ya. Ingat selalu tujuan indah kamu dan pasangan saat memutuskan menikah. Jika hal itu belum cukup, simak sederet tips berikut.

Melansir laman Pinkvilla, berikut 5 cara untuk mengatasi gelisah dan cemas sebelum pernikahan

1. Menerimanya

Langkah pertama untuk mengatasi kecemasan adalah tidak mengabaikannya atau mencoba menekannya. Terimalah kenyataan bahwa kamu merasa gugup dan bingung dan cobalah mencari alasan di baliknya.

2. Bertanya pada diri sendiri

Ajukan pertanyaan kepada diri sendiri seperti 'Mengapa saya merasa seperti ini?', 'Apakah menurut saya saya melakukan kesalahan?' "Apakah itu hanya perasaan gugup atau hal lain?". Nilai jawaban kamu atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dan kemudian buatlah keputusan.

3. Jadilah optimis

Sangat umum merasa takut saat akan menikah, sebab kamu akan pergi ke rumah baru dan akan jauh dari zona nyaman. Ingatkan diri kamu betapa beruntungnya kamu menikah dengan cinta dalam hidup dan terus punya pandangan yang positif.

4. Mengatasinya

Gelisah yang kamu alami bisa jadi lebih dari sekadar kegelisahan sebelum menikah. Jika kamu pada titik tertentu merasa tidak puas dengan keputusan kamu untuk menikah lalu memiliki keraguan, maka atasi keraguan tersebut dan jelaskanlah.

5. Bersantai

Katakan pada diri sendiri bahwa wajar untuk merasa seperti gugup sebelum pernikahan dan ini hanya perasaan yang pada akhirnya akan hilang. Manjakan diri jika diperlukan. Tak lupa, bicarakan rasa itu dengan sahabat dan orang tua Anda untuk merasa lebih ringan dan santai.

Baca juga: Ngeuyeuk Seureuh, Kunci Keharmonisan Pernikahan Maudy Koesnaedi dan Erik Meijer

MILA NOVITA