Ngeuyeuk Seureuh, Kunci Keharmonisan Pernikahan Maudy Koesnaedi dan Erik Meijer

Maudy Koesnaedi dan Erik Meijer (Instagram/@maudykoesnaedi)

cinta

Ngeuyeuk Seureuh, Kunci Keharmonisan Pernikahan Maudy Koesnaedi dan Erik Meijer

Kamis, 24 September 2020 08:15 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan Maudy Koesnaedi dan Erick Meijer memperingati ulang tahun ke-19 pernikahan pada Rabu, 23 September 2020. Lewat akun Instagram-nya, Maudy berbagi kebahagiaannya dengan menunjukkan kartu ucapan dari suami tercinta yang menampilkan foto mereka saat menggelar upacara adat Ngeuyeuk Seureuh. 

“Sayangku, thank you for 19 years of ‘Ngeuyeuk Seureuh’ togetherLove,” tulis Erik di kartu tersebut diikuti dengan tanda tangannya.

Ngeuyeuk Seureuh merupakan upacara adat Sunda permintaan restu kedua calon mempelai kepada orang tua masing-masing. Dalam prosesi ini, mempelai juga mendapat nasihat pernikahan seperti saling menyayangi, saling menjaga, dan saling mengajari. Upacara ini biasanya dilakukan sehari menjelang hari pernikahan.

Selain unggahan kartu ucapan, Maudy juga mengunggah video yang berisi kumpulan foto-foto pernikahan mereka pada 23 September 2001. Di antara foto itu terdapat momen akad nikah, Maudy mengenakan kebaya putih yang serasi dengan beskap Erik Meijer.

Foto lainnya memperlihatkan Maudy berdandan adat Sunda dengan kebaya merah dan siger, serasi dengan Erik yang memakai setelan beskap merah.

“Ga kebayang deh BigE menemukan photo ini dan dijadikan kartu ucapan Wedding Anniversary dengan cover batik Cirebonan, mega mendung, yang jadi nuansa batik pernikahan kami,” tulis Maudy di keterangan foto.

None Jakarta 1993 itu mengatakan bahwa foto-foto itu membuat ia tertawa mengenang momen tersebut.

(kedua dari kiri) Maudy Koesnaedi diapit suami, Eric Meijer, dan putranya, Eddy Maliq Meijer. Instagram.com/@maudykoesnaedi

Maudy juga mengungkapkan rahasia pernikahan harmonisnya dengan pria asal Belanda itu yang sudah hampir dua dekade. Menurut ia, mereka selalu berusaha saling mendukung, saling menjaga, dan bekerja sama.

“Menjalani 19 tahun ini dengan berusaha saling mendukung, saling menjaga, bekerja sama seperti yang diajarkan dalam rangkaian upacara pernikahan adat Sunda, Ngeyeuk Seureuh. Yaitu silih asih, silih asuh, silih asah,” ujar aktris 45 tahun itu.

Maudy dan Erik dikaruniai seorang anak laki-laki, Eddy Maliq Meijer, yang kini berusia 13 tahun.

MILA NOVITA