Rahasia Panjang Umur Betty White yang Baru Genap 99 Tahun

Betty White. tamedcynic.org

ragam

Rahasia Panjang Umur Betty White yang Baru Genap 99 Tahun

Selasa, 19 Januari 2021 19:10 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis Betty White genap berusia 99 tahun pada 17 Januari 2021. Di usia seniornya, Betty White tetap semangat bekerja di dunia hiburan Hollywood, Amerika Serikat. Ia pun tak berencana pensiun.

"Saya suka bekerja, jadi saya akan terus bekerja sampai mereka berhenti bertanya," dalam suatu wawancara. 

Meski tak punya rahasia khusus untuk tetap aktif di usia senior, tapi ada sederet kebiasaan hidupnya yang membantunya tetap panjang umur dan menikmati hidup. Penasaran?

4 Rahasia panjang umur ala Betty White

1. Terus lakukan hal yang disukai

Mencintai apa yang dikerjakannya dan memiliki tujuan jadi kunci White tetap aktif selama bertahun-tahun. Ia mengakui bahwa kesibukan telah menjadi bagian penting dari kehidupannya yang panjang dan produktif. Ia pun mendorong orang lain untuk menemukan minat dan bergerak bersama.

"Tidak sulit menemukan hal-hal yang Anda minati," kata White kepada Katie Couric dalam sebuah wawancara untuk menandai ulang tahunnya yang ke-95. "Nikmatilah. Dan menurutku itu membuatmu tetap waspada."

Jika menemukan tujuan hidup Anda saat ini terlalu menyulitkan, mulailah dari hal-hal  kecil yang Anda sukai. Bagi White, akting, teka-teki silang, dan hewan adalah hal-hal yang disukainya dan terus mewarnai hidupnya.

2. Selalu fokus pada hal-hal positif, menyenangkan, bahagia

Dalam wawancaranya dengan Katie Couric, ia juga mengingatkan orang-orang untuk berpandangan lebih luas tentang dunia dan terus berpikir positif.

"Jangan memfokuskan segalanya pada Anda; itu akan cepat habis." Ia juga menyebutkan pentingnya refleksi diri. "Anda bisa berbohong kepada orang lain — bukan saya yang akan melakukannya — tetapi Anda tidak bisa berbohong pada diri sendiri," katanya kepada People menjelang ulang tahunnya di 2021.

Dalam wawancara yang sama, aktris tersebut juga berbagi bahwa ia selalu mencoba untuk fokus pada hal-hal positif, bahagia, dan menyenangkan.

Baca juga: Sarwendah: Bahagia Itu Dasteran Sambil Urus Suami dan Anak-anak

3. Ikut komunitas yang disukainya

Betty White secara aktif terlibat dalam beberapa komunitas dari hal-hal  yang ia sukai. Ia adalah wali dari Asosiasi Kebun Binatang Los Angeles Besar dan menulis sebuah buku berjudul Betty & Friends: My Life at the Zoo. Ia juga mengatakan bercita-cita menjadi penjaga hutan atau penjaga kebun binatang sebelum memutuskan untuk berakting. Faktanya, ia sebenarnya telah menjadi penjaga hutan kehormatan.

4. Fokus pada hidup saat ini

Hidup di masa sekarang dan menikmati apa yang diberikan kehidupan padanya termasuk rahasia panjang umurnya. "Saya tidak memikirkan hal-hal yang mungkin saya lewatkan. Anda tidak melihat ke depan, dan Anda mencoba untuk tidak melihat ke belakang," pungkas Betty White.

NIA PRATIWI | MIND BODY GREEN