Cara Mengolah 7 Bahan Alami untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi kayumanis. shutterstock.com

kesehatan

Cara Mengolah 7 Bahan Alami untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

Jumat, 3 April 2020 11:55 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Konsumsi asupan bergizi salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh atau imunitas untuk melawan virus corona baru atau COVID-19. Bumbu dapur dan rempah juga termasuk ke dalam asupan sehat. Sebab ada kandungan antioksidan, antimikroba, dan vitamin C yang memperkuat daya tahan tubuh. 

Berikut bumbu dapur dan empon-empon yang bisa dongkrak daya tahan tubuh beserta cara pengolahannya mengutip dari laman Boldsky

1. Kayu manis

Rempah beraroma ini merupakan sumber senyawa antioksidan yang bagus baik. Kayu manis bisa menangkal pilek, batuk, radang, sekaligus sebagai stimulator daya tahan tubuh.

Anda bisa mencampurkan madu dan bubuk kayu manis dalam segelas air hangat dan diminum pada pagi hari.

2. Jahe

Jahe dikenal sebagai rempah yang kaya manfaat. Salah satunya meningkatkan kekebalan tubuh, melawan peradangan paru, membantu melawan batuk, dan meningkatkan produksi sel-T.

Anda bisa menambahkan irisan jahe dan madu ke dalam segelas teh hangat dan diminum dua kali sehari.

3. Kunyit

Kunyit termasuk dalam makanan sehari-hari yang memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan imunomodulator, yang membantu melawan flu dan mengatasi  gejala pilek dan batuk. Selain itu, kunyit juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mengurangi peradangan paru.

Disarankan mencampurkan kunyit, jahe, dan lemon ke dalam teh, dan diminum sebanyak dua kali sehari.

Ilustrasi obat herbal/alami, kayu manis, madu, cengkeh. REUTERS/Susan Lutz

4. Cengkeh

Cengkeh telah lama dipakai dalam pengobatan tradisional untuk mengobati beberapa penyakit. Cengkeh bisa meningkatkan respons imun dan membantu menetralkan virus dan bakteri. Selain itu, cengkeh bisa mengurangi peradangan paru dan mengeluarkan lendir.

Anda bisa merebus 4-5 butir cengkeh dan diminum setiap hari.

5. Bawang merah

Bawang merah mengandung banyak senyawa bermanfaat yang bisa menambah daya tahan tubuh, seperti vitamin C. Anda bisa merebus beberapa irisan bawang selama 7-8 jam, lalu ambil 3-4 sendok makan air dan minum tiga kali sehari

6. Bawang putih

Selain bawang merah, bawang putih sangat penting untuk menjaga homeostasis sistem kekebalan tubuh. Bawang putih bisa menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh karena keberadaan senyawa imunoregulatif.

Anda bisa mengambil 1-2 siung bawang putih, masukkan ke dalam segelas air hangat dan minum setiap hari dalam keadaan perut kosong.

7. Saffron

Senyawa bioaktif dalam saffron mampu meningkatkan imunitas serta membantu menangkal patogen. Selain itu, saffron juga dapat meningkatkan sel darah putih, trombosit darah, dan limfosit. Anda bisa mencampurkan sejumput saffron ke dalam air dan minumlah setiap hari.

Pastikan Anda mengonsumsi bahan alami tersebut tidak berlebihan. Tetap imbangi dengan rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan jaga jarak fisik. Mari sama-sama kita lawan corona, Ladies.