Waspada, Terlalu Banyak Konsumsi Garam Bisa Turunkan Imunitas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menaburkan garam. shutterstock.com

Ilustrasi menaburkan garam. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Konsumsi garam secara berlebihan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas sehingga menyulitkan melawan infeksi penyakit, terutama akibat bakteri. Hal itu dipaparkan suatu studi dalam jurnal Science Translational Medicine.

Untuk penelitian ini, para peneliti dari Rumah Sakit Universitas Bonn, Jerman, menjadikan tikus dan manusia sebagai subjek. Peneliti memberi makanan tinggi garam kepada tikus dan mendapati mereka menderita infeksi bakteri yang parah.

Mereka juga memberi enam gram garam setiap hari, setara dengan garam dalam dua porsi makanan cepat saji. Hasilnya, para partisipan mengalami defisiensi imun.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), orang-orang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 0,17 ons garam per hari atau kira-kira sekitar satu sendok teh. Penulis utama studi, seperti dilansir dari laman Indian Express, Dr. Katarzyna Jobin dari Universitas Würzburg, Jerman, mengatakan tubuh menjaga konsentrasi garam dalam darah dan berbagai organ konstan.

Garam yang dikonsumsi bersama makanan disaring oleh ginjal dan diekskresikan melalui urin. Di dalam ginjal ada sensor yang membantu ekskresi garam. Sensor ini menyebabkan glukokortikoid menumpuk di dalam tubuh, lalu membatasi fungsi jenis sel imun umum dalam tubuh.

Christian Kurts dari Universitas Bonn menuturkan studi baru ini membuktikan konsumsi garam yang berlebihan melemahkan bagian penting dari imunitas.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."