Jangan Lemahkan Kekebalan Tubuh dengan 10 Kebiasaan Berikut

Ilustrasi perempuan sakit. Shutterstock

Kesehatan

Jangan Lemahkan Kekebalan Tubuh dengan 10 Kebiasaan Berikut

Jumat, 5 Januari 2018 15:13 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Rini Kustiani

TEMPO.CO, Jakarta - Sistem kekebalan tubuh adalah mekanisme pertahanan terpenting. Salah satu penyebab utama tubuh gampang sakit adalah sistem kekebalan yang kurang bagus. Singkatnya, kian baik sistem kekebalan tubuh, semakin baik reaksi terhadap infeksi dan pencegahannya.

Baca juga:Kiat Membentengi Diri dari Penyakit pada Musim Hujan

Supaya tidak kebobolan oleh bakteri dan virus, mari kita simak apa saja kebiasaan sehari-hari yang melemahkan kekebalan tubuh, seperti dikutip dari Boldsky.

1. Suka begadangIlustrasi wanita bekerja malam hari. Huffingtonpost.comTerjaga di malam hari dan tidur di pagi sampai siang hari mengacaukan jam biologis. Selain itu, begadang sampai larut malam akan melemahkan molekul protein bernama sitokin, yang berfungsi sebagai penghubung komunikasi sel-sel untuk meningkatkan respons imunitas tubuh.

2. JorokIlustrasi. TEMPO/Arif WibowoHemat air boleh saja. Tapi kalau sampai tidak mandi selama beberapa hari, tentu tubuh akan berbau tak sedap, gatal-gatal, dan berbagai penyakit kulit lainnya segera mendekat. Begitu juga dengan mencuci tangan. Biasakan mencuci tangan setiap kali kembali dari luar ruangan, hendak atau setelah bersalaman, sebelum dan sesudah makan, serta aktivitas lainnya. Intinya, jangan abaikan kebersihan diri.

3. Perhatikan fasilitas umumIlustrasi tata tertib toilet. Shutterstock.comMemegang remote televisi atau penyejuk udara, memakai helm yang digunakan bergantian, toilet umum, dan berbagai peralatan yang dipakai bersama atau bergantian dengan orang lain semestinya meningkatkan kesadaran akan kebersihan. Meski sulit dihindari, kamu bisa mencoba mencegah perpindahan kuman dengan menjaga kebersihan diri. Jadi perhatikan poin dua tadi.

4. Kelebihan gulaIlustrasi gula pasir. shutterstock.comAhli diet selalu merekomendasikan untuk menghindari makanan dan minuman manis yang berlebihan. Sebab, makanan kuman adalah asupan yang manis-manis, sehingga dia bisa lebih kuat karenanya.

5. Kurang minumIlustrasi minum air. ShutterstockKurang minum bisa membuat seseorang gagal fokus sampai dehidrasi. Jika tubuh kurang cairan, sistem kekebalan tubuh juga akan melemah. Asupan air yang dianjurkan adalah 8-10 gelas setiap hari, tergantung aktivitas dan kondisi lingkungan.

6. Minum minuman beralkohol Ilustrasi minuman beralkohol. TEMPO/Tony HartawanAlkohol membunuh sel antibodi yang bertanggung jawab membunuh virus dan mencegah infeksi. Alkohol juga menghambat pembentukan sel darah merah dan sel darah putih, sampai merusak organ tubuh dalam jangka panjang.

7. RokokIlustrasi larangan merokok/kampanye anti rokok. Getty Images/ChinaFotoPressPerokok aktif dan perokok pasif sama-sama punya potensi kekebalan tubuh yang lemah. Tak perlu banyak berdebat tentang bahaya merokok ini. Intinya, jangan merokok dan hindari asap rokok.

8. Makanan siap sajiIlustrasi perempuan makan Burger (junk food). TEMPO/SubektiMakanan siap saji atau junk food sarat akan minyak dan lemak tak sehat. Ini tidak saja membuat badanmu gemuk, tapi juga merusak fungsi kekebalan tubuh. Sebab, sulit menghilangkan lemak jenuh dan bisa mengekang sel darah putih untuk berkembang dan menghasilkan antibodi.

9. Kebanyakan kafeinIlustrasi kopi. shutterstock.comKopi dan teh mengandung kafein. Kelebihan kafein menstimulasi sistem saraf di tubuh dan meningkatkan tingkat stres. Hal ini akan mengakibatkan tertekannya sistem kekebalan tubuh.

10. Lupa tabir suryaIlustrasi Sunblock/krim tabir surya. Shutterstock.comSinar matahari pagi memang bagus untuk tulang. Yang perlu diwaspadai adalah sinar matahari di atas pukul 10.00 hingga petang. Sebab, jika kamu menghabiskan waktu lama di bawah terik matahari tanpa perlindungan, bukan tak mungkin penyakit kulit akan datang, misalnya infeksi jamur, bahkan kanker kulit.

BISNIS