Jahe hingga Goji Berry, Bahan Alami Obat Tradisional Perut Kembung

Ilustrasi teh jahe. Freepik.com/Jcomp

kesehatan

Jahe hingga Goji Berry, Bahan Alami Obat Tradisional Perut Kembung

Rabu, 13 Januari 2021 20:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tanda-tanda Anda alami perut kembung biasanya perut terasa penuh dan selalu ingin buang gas. Kondisi yang bersifat sementara itu bisa membuat Anda tak nyaman saat beraktivitas. Bila tak diiringi gejala lain, obat tradisional perut kembung bisa mengatasinya.

Sejumlah bahan alami tersebut bisa ditemui di dapur atau lemari pendingin Anda. Eric Karchmer, doktor yang telah mempelajari pengobatan tradisional Cina selama lebih dari 20 tahun mengatakan, ramuan herbal telah digunakan selama ratusan tahun. Ini bisa dicampurkan dalam makanan atau diminum setelahnya sebagai teh untuk mengatasi perut kembung

Berikut bahan-bahan alami yang bisa dijadikan obat tradisional perut kembung menurut Karchmer

1. Lemon

Ada alasan mengapa selebritas suka minum air lemon atau memulai hari dengan teh lemon panas. Jeruk adalah pembasmi kembung yang hebat. 

“Ada banyak buah jeruk yang digunakan dalam pengobatan Tiongkok. Lemon dan jeruk nipis tidak begitu umum di sana, tetapi mereka menggunakan kulit jeruk, yang memiliki sifat serupa, dalam membantu pencernaan,” kata Karchmer.

2. Rempah hangat

Rempah atau bumbu penghangat seperti jahe, kayu manis, dan pala bagus untuk mengurangi rasa kembung. “Ini adalah ramuan yang sangat penting dalam pengobatan Tiongkok,” ujar Karchmer. 

Karena bersifat menghangatkan, jahe bagus untuk dipadukan dengan bumbu penghangat lainnya, seperti kayu manis dan pala. “Kita cenderung menyukainya karena rasanya, tapi sebenarnya mereka juga memiliki khasiat obat,” katanya.

3. Berry merah

Jika ingin sedikit lebih eksotis, Karchmer merekomendasikan memasukkan hawthorn berry, yang dikenal sebagai shan zha dalam bahasa Cina. Buah ini disebut dapat membantu aliran darah.

Buah berry lainnya adalah goji berry dan jujube. “Apa pun yang dapat membantu aliran darah lebih bisa mengurangi kembung, itulah sebabnya beri merah yang kaya antioksidan sangat bagus untuk itu,” katanya.

MILA NOVITA