Mau Mengeringkan Rambut Tanpa Alat Pengering? Ini 5 Tipsnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah ahli kecantikan menganjurkan mengeringkan rambut tanpa alat pengering rambut demi mencegah kerusakan rambut. Tapi hal itu bisa menyulitkan bagi pemilik rambut tebal. Mereka butuh waktu berjam-jam sampai benar-benar rambutnya mengering. 

Selain butuh waktu, rambut lembap dalam waktu lama dapat menyebabkan rambut kusut. Jadi,bila tidak ingin terjebak dalam situasi ini, berikut beberapa tips mengeringkan cepat tanpa alat pengering rambut.

1. Gunakan air dingin

Saat keramas, gunakan air dingin. Air hangat membuka kutikula rambut yang kemudian dapat dikondisikan untuk penyerapan yang lebih baik. Selalu bilas kondisioner dengan air dingin untuk menutup kutikula dan hasilnya rambut lebih berkilau. 

Luangkan waktu setidaknya 30-40 detik untuk membersihkan semua produk dari rambut. Keringkan rambut dengan handuk hingga 70-80 persen. Kemudian, gunakan produk seperti kondisioner tanpa bilas untuk mengurai rambut kusut.

2. Pakai kondisioner

Mengikat rambut basah atau mengeringkan menggunakan handuk dapat menarik rambut dari akar dan menyebabkan rambut rontok dan patah. Jika ingin menghindarinya, kondisikan rambut dengan baik setelah keramas. Kondisioner menutup kutikula dan membuat lapisan. Selain melindungi, lapisan ini juga mengurangi kusut.

3. Lebih cepat keluar dari kamar mandi

Jangan kelamaan berada di kamar mandi yang lembap saat rambut mulai mengering. Kelembapan hanya akan membuat rambut lebih mudah kusut, selain itu butuh waktu lebih lama untuk mengering. Pergilah ke ruangan yang hangat dan kering agar prosesnya cepat.

4. Beralih ke handuk microfiber

Daripada handuk tebal, gunakan handuk atau kaus berserat mikro sebagai gantinya. Kedua bahan ini lebih lembut dan akan menyerap lebih banyak air daripada handuk biasa. Handuk ini mempercepat prosesnya tanpa merusak rambut atau menyebabkan rambut kusut.

Ketika mengeringkan, hindari menggosok rambut lebih baik dengan gerakan mengetuk-ngetuk. Menggunakan kertas tisu untuk memeras kelebihan air juga membantu memulai proses mengeringkan rambut tanpa membuat rambut kusut.

5. Semprotkan mousse

Semprotkan mousse saat rambut dalam kondisi lembap. Alkohol dalam produk ini membantu rambut mengering lebih cepat. Produk ini juga mencegah rambut mengembang atau kusut saat kering.

MILA NOVITA | TIMES OF INDIA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."