Ingin Menurunkan Berat Badan, Ini 6 Makanan dan Minuman Paling Rendah Kalori

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mila Novita

google-image
ilustrasi mentimun (pixabay.com)

ilustrasi mentimun (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Olahraga dan diet sangat mempengaruhi proses penurunan berat badan. Terkait pola makan, hal paling penting dalam proses ini adalah mengurangi jumlah asupan kalori harian dan menyeimbangkannya dengan makanan dan minuman bernutrisi tinggi.

Berikut adalah 6 makanan dan minuman yang memiliki jumlah kalori paling rendah untuk membantu perjalanan penurunan berat badan, seperti dilansir Times of India, Senin, 23 November 2020.

1. Air putih

Ilustrasi air putih (pixabay.com)

Air putih adalah minuman terbaik saat Anda ingin menurunkan berat badan. Selain membuat Anda terhidrasi, air putih membuat rasa kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan. Minuman ini juga mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

2. Labu-labuan

Ilustrasi salad mentimun. eatingwell.com

Sayuran labu seperti labu, mentimun, labu, dan luffa sangat rendah kalori. Selain kaya vitamin A, sayuran ini menjaga laju metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

3. Buah jeruk

Ilustrasi buah jeruk. Shutterstock

Buah jeruk sangat rendah kalori sehingga jadi pilihan cerdas bagi orang yang ingin menurunkan berat badan secara efisien. Selain kaya vitamin C dan serat, buah ini juga menjaga sistem pencernaan dan membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

4. Teh hijau

Ilustrasi teh hijau. TEMPO/Charisma Adristy

Kaya akan antioksidan, teh hijau sangat membantu dalam meningkatkan kekebalan dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Antioksidan juga dikenal sebagai katekin, membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme.

5. Sayuran berdaun hijau

Ilustrasi bayam. Shutterstock

Sayuran berdaun hijau mungkin tampak tidak menyenangkan tetapi sangat rendah kalori. Mengonsumsi sayuran ini secara teratur tidak hanya akan membuat Anda tetap sehat dan bugar, tetapi juga akan membantu menurunkan berat badan. Sayuran ini kaya serat yang bekerja sangat baik untuk sistem pencernaan dan juga mengurangi nafsu makan sehingga membantu Anda mengontrol asupan kalori.

6. Jahe dan bawang putih

Ilustrasi bawang putih. shutterstock.com

Jahe dan bawang putih merupakan makanan rendah kalori yang tidak hanya menjadi kebutuhan pokok setiap dapur, tetapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu juga membantu mengobati peradangan dan penyakit kronis lainnya seperti diabetes.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."