Mengulik Jumlah Kalori Nasi Padang dan 4 Cara Sehat Mengonsumsinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Nasi padang. grab.com

Nasi padang. grab.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah kamu berapa jumlah kalori di dalam sebungkus nasi Padang?Secara umum, rata-rata total kalori nasi Padang per satu porsi sajian adalah 664 kkal. Menurut American Heart Association, makanan disebut berkalori tinggi jika mengandung kalori di atas 400 kkal. Bahkan, total kalori dalam satu piring nasi Padang milik Anda dan orang lain juga bisa berbeda, tergantung dari menu lauk yang dipilih. 

Sebagai contoh:
- Makanan pokok: 100 gram nasi (kurang lebih 2 centong) setara 175 kalori
- Sayur: 100 gram (satu sendok sayur) sayur gulai nangka setara dengan 66 kalori
- Sayur: 80 gram sayur gulai ubi setara dengan 71 kalori
- Lauk-pauk: 100 gram rendang setara dengan 193 kalori
- Lauk-pauk: Ayam pop setara dengan 265 kalori

Jika ditotal, satu porsi nasi Padang dan setiap jenis makanannya bisa mengandung 770 kalori. Memang masih jauh dari ambang batas rekomendasi asupan kalori harian berdasarkan perhitungan Angka Kecukupan Gizi (AKG), yaitu 2000 kkal per hari. Tidak menutup kemungkinan kita masih akan makan makanan lain yang berkarbohidrat tinggi serta tinggi lemak di waktu makan lain.

Agar Anda tetap bisa menikmati nasi Padang tanpa mengkhawatirkan jumlah kalori yang berlebihan, berikut empat cara sehat mengonsumsinya

1. Pastikan komposisi nasi Padang seimbang

Selain memerhatikan kalori nasi Padang, agar mencukupi kebutuhan gizi, pastikan satu porsi nasi Padang terdiri dari serat dan protein. Sumber serat pada masakan Padang berasal dari sayur-sayuran. Sumber protein bisa didapat dari lauk. Dada ayam lebih dianjurkan untuk mendapatkan asupan protein. Sebab, dada ayam memiliki protein yang tinggi.

Dalam 100 gram sajian dada ayam, kandungan proteinnya sebesar 23,07 gram. Artinya, hampir seperempat kandungan dada ayam adalah protein. Pastikan pula dada ayam yang dipilih tidak ada kulitnya.
 
2. Hindari olahan yang digoreng

Alih-alih pilih ayam pop atau ikan yang digoreng, pilihlah makanan yang dibakar atau dipanggang. Hal ini dikarenakan ayam panggang tidak dicelup ke dalam minyak panas yang membuat kolesterol jahat meresap ke dalam makanan. Ini pula yang membuat kalori nasi Padang tinggi.

3. Pilih sayur rebus dan kurangi kuah santan

Serat yang didapat juga bisa dari sayur daun ubi, daun singkong, maupun gulai nangka. Namun, pastikan daun ubi atau singkong tersebut direbus tanpa tambahan santan. Jika ingin makan gulai nangka, kurangi kuah santannya. Kuah santan dari gulai nangka mengandung minyak yang mampu meningkatkan asupan kalori serta kolesterol jika terlalu berlebihan.

4. Kurangi nasi

Porsi nasi sebaiknya dikurangi. Selain mengurangi kalori, hal itu juga baik untuk menceah lonjakan gula darah tingkat. Sebab, nasi mengandung glikemik indeks yang tinggi jika dibandingkan dengan biji-bijian yang lain.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."