Pakai Lidah Buaya hingga Teh Hijau, 8 Cara Alami Atasi Flek Hitam Akibat Pil KB

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita dengan flek hitam di wajah. Unsplash.com/Ayo Ogunseinde

Ilustrasi wanita dengan flek hitam di wajah. Unsplash.com/Ayo Ogunseinde

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Munculnya flek hitam di wajah salah satu efek samping penggunaan kontrasepsi dengan metode pil maupun suntik. Flek hitam bisa muncul saat kulit memproduksi terlalu banyak melanin, zat pewarna di kulit.

Peningkatan produksi zat ini berkaitan erat dengan keberadaan hormon estrogen dan progesteron, dua hormon yang merupakan bahan baku utama dari pil KB ataupun suntik KB.

Kedua hormon tersebut juga bisa diproduksi secara alami oleh tubuh dan biasanya meningkat saat masa kehamilan. Itulah sebabnya, flek coklat kehitaman juga sering muncul pada ibu hamil. Tapi jangan khawatir, ada sejumlah cara alami untuk atasi flek hitam. Yuk, kita telusuri.

8 Cara Alami Atasi Flek Hitam Akibat Flek Hitam

1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloin, senyawa alami yang sudah terbukti bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi di kulit. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai penghilang flek hitam, oleskan gel lidah buaya alami ke area kulit yang mengalami flek sebelum tidur. Cuci wajah menggunakan air hangat keesokan paginya. Ulangi setiap hari hingga warna kulit semakin merata.

2. Cuka apel

Untuk menggunakan bahan ini, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1. Oleskan campuran tersebut ke area kulit yang flek. Ulangi dua kali sehari. Segera cuci wajah setelah selesai mengoleskan cuka apel.

Jangan mengoleskan cuka apel langsung ke wajah tanpa melarutkannya terlebih dahulu. Sebab hal tersebut akan memicu iritasi di kulit. Jika iritasi masih tetap muncul meski Anda telah melarutkan cuka apel, segera hentikan penggunaannya.

3. Teh hijau

Menurut penelitian, kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam teh hijau, bisa menghambat terjadinya proses hiperpigmentasi yang dapat berujung pada munculnya flek hitam. Teh hijau juga mengandung asam gallat dan asam ellagic yang baik untuk kesehatan kulit.

Penggunaan teh hijau untuk menghilangkan flek hitam akibat KB cukup sederhana. Cukup mengompres area kulit yang flek dengan kantung teh hijau yang sudah diseduh selama beberapa menit setiap hari. Namun ingatlah untuk selalu menyesuaikan suhu kantung teh tersebut. Tunggu hingga tidak terlalu panas agar saat di kompres ke kulit, sehingga tidak menyebabkan luka atau iritasi.

4. Teh hitam

Untuk menggunakan teh hitam sebagai cara alami menghilangkan flek hitam di wajah, seduh daun teh hitam dengan air panas. Diamkan selama dua jam lalu saring. Celupkan gulungan kapas kecil ke air teh hitam yang sudah dingin tersebut.Oleskan ke area wajah yang mengalami flek hitam 2 kali sehari. Lakukan enam hari seminggu selama empat minggu

5. Susu

Susu dapat menghilangkan flek hitam karena senyawa asam laktat yang dikandungnya. Caranya, celupkan gulungan kapas ke susu. Oleskan kapas tersebut dua kali sehari ke area kulit yang flek. Ulangi setiap hari hingga flek memudar.

6. Bawang merah

Bawang merah jenis Allium cepa dinilai baik untuk mengatasi flek hitam akibat penggunaan KB. Ekstrak bawang merah yang didapatkan dari kulit bawang merah kering sering kali menjadi campuran krim pencerah kulit.

Meski begitu, perlu diingat bahwa penggunaan bawang merah untuk mencerahkan warna kulit ini dilakukan setelah tanaman tersebut diolah dengan cara tertentu. Jadi, Anda tidak disarankan untuk menempelkan langsung bawah merah ke kulit, karena berisiko menimbulkan iritasi.

7. Buah delima

Buah delima mengandung asam ellagic, sejenis antioksidan yang dinilai mampu memudarkan flek hitam di wajah, termasuk akibat penggunaan KB. Kandungan tersebut bekerja dengan cara menghambat kerja enzim tyrosinase, yaitu enzim yang berperan penting dalam pembentukan melanin.

Untuk merasakan manfaat buah delima dalam menghilangkan flek hitam, Anda dapat mengoleskan esktraknya ke area wajah yang diperlukan secara rutin.

8. Bunga anggrek

Ekstrak bunga anggrek dinilai sama efektifnya dengan vitamin C untuk memudarkan flek hitam. Mengoleskan ekstrak bunga anggrek ke kulit selama delapan minggu secara rutin dipercaya bisa memudarkan flek hitam serta mengecilkan ukuran flek.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."