4 Kebiasaan Pagi yang Paling Sederhana Buat Diet

Ilustrasi wanita bangun tidur. shutterstock.com

kesehatan

4 Kebiasaan Pagi yang Paling Sederhana Buat Diet

Minggu, 13 September 2020 07:39 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Pagi adalah saat memulai hari. Terutama bagi yang sedang diet, mulailah hari dengan cara yang sehat dan menunjang program diet.

Jangan sengaja bangun siang supaya kamu melewatkan sarapan. Jangan pula hanya bermalas-malasan karena merasa tubuhmu lemah lantaran kurang asupan makanan dan minuman.

Mengutip laman Sehatq, ada empat kebiasaan di pagi hari yang cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Empat cara ini sangat mudah dilakukan sehingga semestinya tak perlu jadi beban. Berikut ulasannya:

  1. Minum air putih setelah bangun pagi

    Mulai hari dengan minum air putih adalah cara paling sederhana untuk menurunkan berat badan. Paling bagus jika kamu minum air putih hangat. Air akan meningkatkan kalori yang dibakar oleh tubuh selama sekitar 60 menit. Air juga mampu mengurangi rasa lapar. Dengan begitu, kamu tak perlu sarapan berlebihan.

  2. Berjemur

    Bangun pagi, minum air putih, keluar kamar, lalu berjemurlah. Rasakan kulitmu terpapar sinar matahari pagi hingga perlahan keluar keringat dan biarkan proses pembentukan vitamin D terjadi di tubuhmu. Kebutuhan berjemur setiap orang berbeda-beda. Secara umum, cukup 10 sampai 15 menit saja.

  3. Menimbang berat badan

    Tentukan satu waktu yang tetap untuk menimbang berat badan. Disarankan untuk menimbang bobot tubuh di pagi hari setelah buang air kecil dan mungkin juga buang air besar karena inilah berat badan aslimu sebelum ada asupan makanan atau minuman yang masuk.

    Setelah tahu berapa berat badanmu, tentu kamu akan termotivasi untuk mengubahnya sampai angka ideal. Yang penting jangan langsung kecewa apalagi stress jika berat badanmu naik atau kelewat gembira saat berat badan turun. Terkadang bobot tubuh memang fluktuatif, yang penting kamu menjaga tren-nya agar sejalan dengan tujuan dan tiada gangguan kesehatan.

  4. Sarapan makanan berprotein

    Lupakan lontong sayur, nasi uduk, nasi kuning, ketan, dan makanan sarat karbohidrat lainnya untuk sarapan. Ganti dengan asupan yang kaya protein, seperti telur, kacang-kacangan, susu, atau daging yang tidak diolah dengan minyak berlebih. Mengkonsumsi makanan berprotein tinggi dapat mengurangi keinginan untuk ngemil sekaligus menurunkan kadar hormon ghrelin. Ini adalah hormon yang memantik rasa lapar atau keinginan untuk mengunyah.

SEHATQ