7 Penyebab Sulit Tidur, Minum Kopi, Stres, hingga Olahraga Kardio

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa di antara kita kerap mengalami sulit tidur, meski sudah lelah beraktivitas ataupun dilanda kantuk. Ternyata bisa jadi penyebabnya berasal dari kegiatan keliru yang dilakukan sebelum tidur. Bisa jadi juga faktor suhu kamar hingga cahaya lampu di kamar. Yuk, kita simak telusuri sejumlah pemicu sulit tidur yang mungkin diabaikan selama ini melansir laman Pinkvilla.

7 Penyebab Sulit Tidur

1. Olahraga berat

Jalan-jalan kecil sebelum tidur Anda boleh-boleh saja, tetapi hindari latihan kardio. Detak jantung dan suhu tubuh kita secara alami turun selama tidur. Tapi olahraga kardio atau berat meningkatkan kedua fungsi tubuh tersebut dan menstimulasi sistem saraf, sehingga memicu sulit tidur.

2. Stres

Stres kerja sehari-hari dan aktivitas lainnya membuat kita sering stres saat akan tidur juga. Inilah salah satu alasan utama tidak bisa tidur nyenyak. Jika ini terjadi di lain waktu, tuliskan kekhawatiran Anda sebelum tidur bersama dengan hal-hal lain yang Anda syukuri. Anda juga bisa berlatih meditasi setiap hari.

3. Suhu kamar

Suhu kamar merupakan faktor lain yang berkontribusi pada tidur kita. Tubuh kita perlu didinginkan di malam hari agar nyenyak tidur. Hal itu sulit tercapai jika di kamar tidur berpemanas. Jadi, jagalah agar suhu kamar tetap nyaman.

4. Alkohol

Minum alkohol sebelum tidur adalah kesalahan besar lainnya yang cenderung dilakukan beberapa orang. Hal itu benar-benar bisa merusak tidur. Jika Anda melakukan ini, hentikan sekarang juga.

5. Kopi

Secangkir kopi panas sebelum tidur adalah ide yang buruk, tapi kopi sore pun harus dihilangkan. Minum kopi mendekati waktu tidur juga merupakan alasan utama masalah tidur.

6. Berisik

Jika Anda tidur dengan pasangan, yang mendengkur, maka bisa jadi penyebab Anda sulit tidur. Anda bisa menggunakan penyumbat telinga atau noise-machine untuk memblokir suara dengkurannya.

7. Cahaya terlalu terang

Terlalu banyak cahaya di kamar tidur dan salah mengemil sebelum tidur juga memicu masalah tidur. Jadi, gunakan cahaya lampu yang menenangkan dan konsumsi protein untuk camilan seperti almond.

Jika sudah mencoba sejumlah tips di atas dan masalah sulit tidur masih berlanjut, segera konsultasi dengan dokter.

 

NIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."