3 Cara Sederhana agar Anak Tak Ganggu saat Rapat Online, Ada Kode Ibu Bekerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu bekerja dan anak di rumah. Freepik.com

Ilustrasi ibu bekerja dan anak di rumah. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rapat online kian digemari selama masa bekerja dari rumah akibat pandemi Covid-19. Meski bermanfaat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, ada sejumlah tantangan saat rapat online atau daring di rumah. Selain masalah koneksi internet, juga ada tantangan mengatasi gangguan anak-anak saat rapat tengah berlangsung.

Hal itu kerap dialami oleh beberapa di antara kita, bukan? Lantas, sebaiknya apa yang harus dilakukan agar anak-anak bisa diajak tenang saat Anda rapat online. Berikut tiga di antaranya tips sederhana yang bisa ditiru.

Tips agar rapat online di rumah berjalan tenang tanpa diganggu anak-anak

1. Buat anak sibuk selama Anda rapat online

Jika Anda membutuhkan waktu untuk diri sendiri, Anda perlu memikirkan sesuatu untuk dilakukan anak Anda juga. Pilihan kegiatannya tergantung pada usia dan minat anak, bisa dari mewarnai, puzzle, podcast, dan bahkan menonton film agar membuat mereka fokus dengan hal itu.

2. Terapkan kode "ibu bekerja" 

Anda dapat perlahan-lahan mengajarkan isyarat tangan kepada anak sebagai kode ibu sedang bekerja. Itu bisa sesederhana gerakan jempol ke bawah atau Anda berganti busana. Jelaskan pula, begitu pekerjaan selesai, Anda akan kembali menemani mereka belajar dari rumah atau bermain.

Tapi ingat, Anda harus mempraktikkan kode tersebut sebelum rapat berlangsung agar anak Anda dapat menguasainya. Mungkin perlu waktu bagi anak Anda untuk memahami dan belajar, jadi ingatlah untuk bersabar.

3. Buatlah beberapa aturan dasar

Disarankan pula untuk membuat aturan dasar tertentu sesuai usia anak, tentang mengapa mereka tidak boleh menganggu saat Anda menelepon ataupun panggilan video. Yakinkan mereka bahwa Anda akan kembali menemani mereka, setelah Anda selesai bekerja. Jika anak Anda memahami gerak tubuh Anda dan memutuskan untuk tidak mengganggu Anda, pastikan untuk memujinya atas perhatiannya serta beri penghargaan dengan sesuatu yang sesuai.

NIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."