Masker Tomat Bisa Picu 3 Efek Samping Berikut untuk Kulit Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan masker dari tomat. Freepik

Ilustrasi wanita menggunakan masker dari tomat. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Masker wajah dari tomat salah satu masker favorit kaum Hawa dalam merawat kecantikan wajahnya. Sebab tomat bisa membuat kulit wajah kencang, cerah, dan lembap. Tetapi, penggunaan masker tomat tak lepas dari efek samping, meskipun bahannya alami. 

Efek samping masker tomat biasanya muncul ketika digunakan dengan cara yang tidak aman dan kondisi tertentu. Dari alergi hingga memperburuk luka, berikut efek samping masker tomat untuk kulit wajah.

Masker Tomat Bisa Sebabkan 3 Efek Samping Ini di Kulit Wajah

1. Alergi

Pada orang-orang tertentu, tomat bisa menimbulkan reaksi alergi. Tomat diketahui mengandung histamin, yakni suatu senyawa yang dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang zat asing dari luar.

Histamin akan dilepaskan ke area kulit, hidung, sistem pernapasan, dan saluran cerna sehingga menimbulkan gejala-gejala alergi. Tergantung pada tingkat keparahan alergi, Anda bisa saja mengalami reaksi alergi seperti kulit gatal, kulit memerah, ruam kulit; eksim atau biduran (urtikaria); kram perut, mual, muntah, atau diare; sensasi rasa gatal di tenggorokan; batuk, bersin, hidung berair, mengi (napas bunyi); pembengkakan pada wajah, mulut, lidah, atau tenggorokan (angioedema); hingga anafilaksis yang jarang terjadi tapi berakibat fatal.

2. Iritasi kulit

Iritasi kulit akibat menggunakan masker tomat atau masker wajah dari bahan alami lainnya bisa terjadi tanpa adanya kondisi alergi atau gejala intoleransi sebelumnya. Tomat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung asam.

Iritasi kulit yang mungkin muncul, termasuk kulit gatal dan memerah setelah mengoleskan masker tomat untuk wajah. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, sebaiknya segera bilas wajah sampai bersih dan hentikan penggunaannya.

3. Gangguan kulit lainnya

Apabila dioleskan di area kulit yang terdapat luka atau goresan, masker tomat dapat memperburuk kondisi kulit sebelumnya.

Agar masker tomat aman, ketahui cara menggunakannya yang tepat. Alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui apakah Anda cocok menggunakan masker tomat untuk wajah atau tidak.

Selain itu, Anda bisa mengecek apakah kulit Anda dapat menggunakan masker tomat atau tidak dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

- Oleskan sedikit masker tomat terlebih dahulu ke beberapa area kulit tubuh lain. Misalnya, punggung tangan, kulit di bawah dagu, atau area kulit di belakang telinga.

- Tunggu selama 24 jam guna melihat reaksinya terhadap kulit Anda.

- Jika kulit mengalami rasa gatal, memerah, bengkak, atau tanda-tanda alergi atau iritasi kulit lainnya, sebaiknya Anda tidak menggunakan masker tomat untuk wajah.

- Sebaliknya, apabila tidak muncul efek samping masker tomat untuk wajah, seperti muncul rasa gatal-gatal, memerah, bengkak, atau tanda-tanda reaksi alergi atau iritasi, maka Anda dapat menggunakan masker tomat ke seluruh wajah wajah.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."