Selain Dimakan, Tomat Juga Berkhasiat Cegah Jerawat dan Minyak

Ilustrasi tomat. shutterstock.com

kecantikan

Selain Dimakan, Tomat Juga Berkhasiat Cegah Jerawat dan Minyak

Senin, 9 Desember 2019 11:35 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Tomat disebut superfood berkat kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Namun manfaat buah ini tidak hanya muncul ketika dimakan, tapi juga ketika digunakan sebagai masker.

Masker tomat dapat bermanfaat mengencangkan, mencerahkan dan menghaluskan kulit. Selain alami, masker tomat juga mudah untuk dibuat. Anda cukup menyisihkan beberapa menit dan menambahkan beberapa bahan lain, yang mudah didapatkan di rumah. Sebelum mempelajari cara membuatnya, ada baiknya Anda memahami dulu manfaat masker tomat untuk kulit yang beragam, seperti di bawah ini.

1. Membantu pencegahan kerusakan sel kulit wajah

Paparan radikal bebas berlebih, dapat merusak sel-sel di kulit dan meningkatkan risiko penuaan dini, serta membuat kulit wajah berkerut. Beruntung, antioksidan pada pada tomat, bisa membantu mencegah kerusakan tersebut.

2. Memenuhi kebutuhan atas kolagen

Kolagen adalah komponen penting untuk menjaga kulit tetap terlihat kencang dan sehat. Agar produksi kolagen di tubuh tetap bisa terpenuhi, maka kita perlu mengonsumsi vitamin C dengan cukup. Untuk kebutuhan yang satu ini, tomat bisa menjadi pilihan. Kandungan vitamin C dalam tomat juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan asap.

3. Mengurangi jerawat dan minyak di wajah

Tomat merupakan bahan yang tepat untuk bantu mengurangi minyak di wajah. Sebab, asam yang ada pada tomat, dapat membantu mengontrol penumpukan minyak di pori-pori.

Kandungan antioksidan, vitamin dan mineral yang ada pada tomat, juga berguna untuk menghilangkan tumpukan debu dan kotoran lain dari kulit wajah. Buah yang satu ini pun mengandung asam salisilat. Oleh karena itu, masker tomat dipercaya dapat membantu mencegah munculnya jerawat. 

4.  Melembapkan kulit

Kulit kering bisa menjadi biang berbagai masalah, mulai dari jerawat hingga gatal dan mengelupas. Untuk mengatasinya, gunakan losion maupun krim pelembap setiap hari, dan pakai masker tomat beberapa kali dalam seminggu.

5. Menghilangkan sel kulit mati secara alami

Masker tomat juga dapat digunakan sebagai scrub alami untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Manfaat masker tomat yang satu ini, diperoleh dari enzim yang di dalamnya.

Perlu diingat bahwa sebagian manfaat masker tomat di atas, masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Sebaiknya, gunakan masker tomat dengan wajar.

SEHATQ