5 Cara Atasi Alergi Kulit yang Dipicu Deterjen, Termasuk Kompres Air Dingin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi deterjen (Pixabay.com)

Ilustrasi deterjen (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang yang memiliki kulit sensitif atau dalam kondisi kulit tertentu bisa mengalami alergi yang dipicu deterjen. Hal itu disebabkan zat pewangi dan bahan kimia lain terkandung di dalamnya.

Sama seperti produk sabun pada umumnya, deterjen mengandung beberapa jenis surfaktan atau zat penggerak permukaan. Surfaktan bekerja dengan melonggarkan partikel kotoran dan minyak yang menempel agar dapat hilang dari permukaan pakaian. Kandungan surfaktan yang keras sering kali menyebabkan iritasi, terutama pada orang dengan kulit sensitif.

Selain surfaktan, zat deterjen yang dapat memicu ruam dan iritasi pada kulit adalah parfum atau zat wewangian.

Adapun berbagai zat alergen penyebab alergi lainnya yang terkandung dalam deterjen, di antaranya pengawet, enzim, paraben, pewarna, pelembap, pelembut kain, pengental dan pelarut, serta pengemulsi.

Selain bahan kimia, penyebab alergi deterjen cuci pakaian lain adalah dermatitis kontak. Ini merupakan kondisi kulit iritasi yang menyebabkan ruam dan peradangan pada kulit. Penyakit ini biasanya terjadi saat tangan menyentuh benda yang menyebabkan iritasi, seperti sabun deterjen, tanaman, atau logam.

Sebagian besar kasus alergi deterjen dapat diatasi dengan melakukan pengobatan sederhana di rumah. Berikut lima cara yang bisa Anda coba.

1. Kompres air dingin

Kompres air dingin bertujuan untuk menenangkan kulit yang mengalami peradangan. Caranya, basahi handuk atau kain bersih dengan air dingin, peras airnya, lalu tempelkan pada area kulit yang meradang.

2. Mandi oatmeal

Mandi oatmeal bertujuan untuk mengurangi rasa gatal dan menenangkan kulit yang meradang. Caranya, gunakan bubuk oatmeal yang sudah dihaluskan dengan blender. Lalu, taburkan ke dalam bak mandi berisi air. Anda dapat menggunakannya untuk berendam dalam bak tersebut selama 15 menit.

3. Minum obat antihistamin

Cara mengatasi alergi deterjen yang ampuh berikutnya adalah minum obat antihistamin. Obat ini dijual bebas di apotek, tapi waspada efek sampingnya yang dapat menyebabkan rasa kantuk, dapat membuat Anda tidur pulas walaupun kulit sedang gatal.

4. Krim antigatal

Krim antigatal seperti lotion calamine berfungsi menenangkan kulit sehingga mencegah Anda untuk menggaruk kulit lebih lanjut. Jika terus-terusan digaruk, kulit berpotensi rasa gatal di kulit bisa bertambah parah.

5. Krim steroid

Krim steroid dengan kandungan hidrikortison minimal 1 persen dapat membantu meringankan rasa gatal dan peradangan yang muncul sebagai alergi deterjen. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan krim steroid. Pasalnya, krim steroid tidak boleh dibeli secara bebas di apotek. 

SEHATQ 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."