Mengulik Gizi Alpukat, Baik untuk Mata, Tulang, dan Kulit Wajah

Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

kesehatan

Mengulik Gizi Alpukat, Baik untuk Mata, Tulang, dan Kulit Wajah

Minggu, 19 April 2020 12:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Alpukat salah satu buah favorit bagi yang sedang diet. Sebab alpukat buah dengan kalori tinggi, sehingga membuat kenyang lebih lama berkat kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya.

Di dalam suatu penelitian disebutkan bahwa dengan mengonsumsi setengah buah alpukat mampu mengurangi produksi zat yang meningkatkan peradangan dalam tubuh. Selain itu alpukat bersifat bebas kolesterol, bebas natrium, dan rendah gula yang baik untuk kesehatan.

Di dalam alpukat terdapat vitamin A, B, C, E, dan K. Tak ketinggalan, sejumlah mineral seperti zat besi, potassium, zinc, kalsium, fosfor, dan asam folat juga terkandung di dalamnya.

Dari beberapa kandungan baik di atas, berikut sejumlah manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh

1. Menambah energi

Kandungan alpukat yang dilengkapi berbagai vitamin B dapat menambah stamina dan energi. Manfaat alpukat yang melalui kandungan niacin juga dapat melawan peradangan dalam tubuh dan melindungi kesehatan jantung. 

2. Menurunkan berat badan

Manfaat alpukat yang dapat memenuhi ¼ serat harian tentu dapat membantu diet sehat Anda. Setengah cangkir alpukat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak akan makan berlebihan.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan alpukat berupa lutein dan zeaxanthin dapat menyerap gelombang cahaya yang bisa merusak penglihatan.

4. Memperkuat tulang

Cukup dengan makan setengah buah alpukat, Anda sudah bisa memenuhi 15% kebutuhan harian vitamin K. Kandungan alpukat yang dikemas dengan vitamin K dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

5. Baik untuk perawatan kulit

Selain untuk kesehatan, alpukat juga baik untuk perawatan kulit. Hal ini dikarenakan, alpukat diperkaya vitamin C yang sangat bagus untuk membuat kulit Anda terlihat lebih cerah, halus, dan tampak awet muda.

6. Meningkatkan mood

Jika Anda merasa lelah dan stres setelah beraktivitas, coba konsumsi alpukat yang dapat meningkatkan suasana hati. Dalam secangkir irisan alpukat, Anda bisa mendapatkan sekitar 118 mikrogram folat atau sepertiga kebutuhan asam folat harian.