4 Ciri Ikan Segar Menurut Chef, Salah Satunya Sisik Tidak Rontok

Ilustrasi ikan-ikanan. Pixabay.com

kuliner

4 Ciri Ikan Segar Menurut Chef, Salah Satunya Sisik Tidak Rontok

Rabu, 26 Agustus 2020 05:09 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain enak disantap, ikan merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling direkomendasikan ahli gizi. Kandungan protein hingga asam lemak omega 3 di dalam ikan baik untuk kesehatan otak dan jantung. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memilih ikan yang segar dan berkualitas. Ciri-cirinya bisa dikenali dari warna insang hingga sisiknya. Berikut tips yang dibagikan Chef Ervan Syamsul di acara Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia menuju ISEF 2020 pada Selasa, 25 Agustus 2020.

1. Insang merah

Salah satu cara melihat kesegaran ikan adalah dengan memperhatikan insangnya yang ada di dua sisi kepala. Saat penutupnya dibuka, insang ikan yang segar masih berwarna merah. Jika sudah berwarna abu-abu atau cokelat, itu berarti ikan sudah tak segar lagi.

2. Aroma

Ikan memiliki aroma yang khas. Jika sudah berbau amis yang menyengat, itu berarti ikan sudah tersimpan lama di suhu ruang.

3. Sisik dan mata

“Kalau sisiknya banyak yang rontok, itu artinya ikan sudah tidak segar,” jelas Chef Ervan. Ikan segar harusnya memiliki sisik yang masih tersusun rapi.

Selain sisik, Anda juga bisa melihat kesegaran ikan dari matanya. “Kalau matanya bening, itu berarti masih segar. Kalau sudah buram, ikannya sudah tidak bagus,” jelasnya saat demo masak “Teknik Mengolah Ikan agar Halalan Thoyyiban”.

4. Daging kenyal

Ketika ditekan, harusnya daging ikan kembali lagi. “Kalau ditekan dan terlihat seperti ada bolong bekas tekanan, itu artinya sudah tidak segar,” ungkap Chef Ervan.

Bila Anda berencana memasak ikan hari, jangan lewatkan tanda-tanda di atas ya, Bu.

MILA NOVITA