Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ayam Kampung, Cuci dengan Garam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi daging ayam (Pixabay.com)

Ilustrasi daging ayam (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda berencana memasak opor ayam di hari kedua Lebaran 2020 ini? Jika iya, perhatikan betul cara menyiapkan ayam, terutama menghilangkan bau amisnya. Terlebih bagi Anda yang menggunakan ayam kampung, sebab sumber protein hewani ini cenderung berbau amis. 

"Pertama ayam kampung harus dicuci bersih dengan garam, atau dicuci dengan kunyit bubuk untuk menghilangkan bau amis yang ada di daging ayam kampung," kata Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resorts, Bahran dalam diskusi via daring, Rabu, 20 Mei 2020.

Kemudian, sebelum dimasak daging ayam kampung harus direbus selama lima menit dulu untuk menghilangkan darah dan kotoran yang menempel di daging ayam kampung. Setelah itu, silahkan Anda mengolah daging sesuai keinginan.

Chef Bahran juga mengungkapkan perayaan Lebaran memang identik dengan hidangan ketupat yang disajikan dengan opor ayam, gulai sapi ataupun gulai kambing. Namun, seiring berkembangnya zaman dan majunya dunia kuliner, pilihan kian beragam menemani hidangan dengan ketupat, contohnya kuah Bugis khas makanan Sulawesi, yang berbahan dasar iga sapi.

"Terkadang juga karena Indonesia kaya dengan suku bangsa dan ciri khas setiap daerah berbeda-beda cara merayakan hari Lebaran terutama di dalam cara menghidangkan ketupat Lebarannya," tuturnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."