Selain Bernyanyi, 5 Kiat Ini Bikin Anak Senang Mencuci Tangan dengan Benar

ilustrasi cuci tangan (pixabay.com)

keluarga

Selain Bernyanyi, 5 Kiat Ini Bikin Anak Senang Mencuci Tangan dengan Benar

Sabtu, 15 Agustus 2020 09:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebiasaan mencuci tangan semakin ditingkatkan di masa pandemi Covid-19. Termasuk pada anak-anak yang kerap menyentuh mulut dan wajah tanpa disadari. Kebiasaan tersebut bisa menjadi jalur masuknya kuman dan virus ke dalam tubuh, termasuk virus corona baru penyebab Covid-19.

Agar anak-anak menikmati mencuci tangan tanpa merasa rutinitas yang membosankan, cobalah terapkan kiat yang membuat aktivitas tersebut menyenangkan. Apa saja idenya?

Berikut enam kiat membuat anak-anak senang mencuci tangan dan benar tahapannya

1. Ajak bernyanyi

Sambil mencuci tangan, ajak menyanyikan lagu favorit mereka yang panjangnya minimal 20 detik. Anda juga dapat menuliskan syair lagunya lalu menempelkannya di depan wastafel. Lagu akan membantu mereka mencuci tangan lebih lama dan menyeluruh.

2. Buat gambar

Gambarlah bagan yang memuat cara mencuci tangan yang benar, kapan harus melakukannya (setelah menggunakan toilet, sebelum makan, dan lainnya). Anda dapat memberi tahu anak Anda jika dia mengikuti grafik dengan benar, dia akan mendapatkan hadiah khusus.

3. Buat jadi lucu

Anak-anak selalu tertarik pada hal-hal yang terlihat lucu dan cerah. Anda dapat membeli botol cuci tangan kartun yang lucu, yang akan menarik anak-anak untuk sering mencuci tangan.

4. Jadikan kebiasaan

Anak-anak meniru orang tua. Jadi, jika Anda membiasakan mencuci tangan, akan mudah untuk mengajarkannya kepada anak. Anak-anak belajar lebih baik dengan mengamati daripada hanya mendengar. Jadi, pastikan untuk memberikan contoh yang baik untuk mereka.

5. Permudah dengan alat bantu

Anak-anak kecil sulit mencapai wastafel untuk mencuci tangan karena terlalu tinggi. Butuh perjuangan untuk membuka keran menjadi alasan mereka tidak mau cuci tangan. Untuk memudahkan, bangku kecil untuk mencapai wastafel bisa menjadi langkah pertama untuk memudahkan anak mencuci tangan.

Namun, jika bangku kecil dianggap berisiko, Anda dapat menggunakan alat pemanjang keran. Ini juga merupakan alternatif yang lebih baik agar Anda tidak repot meletakkan bangku setiap kali si kecil harus mencuci tangannya.

6. Buat mereka paham pentingnya cuci tangan

Cara paling mudah membuat mereka paham tentang pentingnya mencuci tangan adalah melalui visual atau eksperimen yang mudah. Jelaskan bagaimana tangan bisa menjadi media penularan kuman dan virus. Buku warna-warni juga berdampak besar pada pikiran anak-anak dan memudahkan mereka memahami konsepnya.

MILA NOVITA | TIMES OF INDIA