Ingin Tidur Malam Nyenyak, Jangan Kebanyakan Tidur Siang dan Jauhi 2 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah akhir-akhir ini Anda mengalami sulit tidur? Jika iya, tengok sejumlah cara untuk mengatasinya dari pilihan makanan dan minuman serta aktivitas yang wajib dihindari.

Dikutip dari laman Express, luangkan waktu untuk bersantai sebelum tidur. Kegiatan seperti membaca atau mandi air hangat, dapat membantu Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Meskipun aktif sepanjang hari membantu tidur malam yang lebih nyenyak, Anda harus menghindari aktivitas fisik yang berlebihan dalam satu hingga dua jam menjelang waktu tidur agar tubuh rileks.

Pastikan kamar tidur Anda adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Hindari bekerja di kamar selama masa adaptasi kebiasaan baru karena dapat mengganggu tidur Anda di malam hari. 

Jauhkan peralatan digital dari kamar tidur Anda untuk menghindari keinginan memeriksanya ketika Anda terbangun karena dapat mempersulit untuk kembali tidur.

Pastikan juga kamar tidur Anda memiliki tirai tidak tembus pandang yang baik, karena sore dan pagi hari yang lebih cerah dapat mengganggu siklus tidur Anda.

Kedua, hindari tidur siang. Semakin banyak Anda tidur siang, semakin kecil kemungkinan tubuh Anda akan 'siap' untuk tidur saat waktunya tiba.

Bila Anda merasa lelah sepanjang hari, berdirilah dan berjalan-jalan, cari udara segar atau lakukan sesuatu yang akan menantang otak Anda untuk sementara waktu, seperti teka-teki silang atau pencarian kata.

Ketiga, jangan juga menggunakan stimulan seperti nikotin dan alkohol. Beberapa efek stimulan membutuhkan waktu berjam-jam untuk menghilang dan berdampak besar pada seberapa cepat Anda tertidur dan kualitasnya. Nikotin menyebabkan detak jantung dan kewaspadaan Anda meningkat yang berarti Anda merasa lebih terjaga sebelum tidur.

Nikotin memasuki aliran darah dalam beberapa menit tetapi setelah beberapa jam akan mulai meninggalkan tubuh Anda dan karena sifatnya yang membuat ketagihan, otak Anda akan membangunkan Anda untuk meminta lebih banyak nikotin sehingga menyebabkan malam Anda terganggu.

Sedangkan alkohol dapat membuat Anda mengantuk, tetapi dapat mengganggu Anda di malam hari dan tidak memungkinkan Anda untuk tertidur lelap yang Anda butuhkan.

Hindari pula minuman berkafein seperti teh dan kopi sebelum tidur, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman malty atau susu hangat dapat membantu tidur. Tak hanya itu, jangan pula makan cokelat, keju, kari, es krim, dan keripik, sebelum Anda tidur.

Semoga tidur Anda nyenyak malam ini dan mimpi indah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."