5 Alasan Penting Mendesain Kamar Tidur Sesuai Kebutuhan Anda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kamar tidur di loteng. Unsplash.com/Antonip Caverzan

Ilustrasi kamar tidur di loteng. Unsplash.com/Antonip Caverzan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain tempat beristirahat, kamar tidur juga ruang privasi tempat kita bisa bebas beraktivitas. Karena alasan tersebut, sudah sewajarnya desain kamar tidur yang disesuaikan dengan selera dan preferensi pemilik kamar serta kenyamanan. Kamar yang nyaman bermanfaat memberikan energi dan relaksasi yang Anda butuhkan untuk menghadapi kegiatan esok hari.

Bahkan, kamar tidur utama kerap kali menjadi ruang favorit untuk berkumpul keluarga, termasuk bersama anak-anak tercinta. Berikut ini alasan penting dekorasi kamar tidur masih selalu dicari hingga saat ini.

1. Tidur adalah hal yang penting
 
Rata-rata orang tidur selama delapan jam setiap hari. Artinya, sepertiga waktu hidup kita akan kita habiskan di kamar tidur. Anda tentu tidak mau sembarangan untuk sesuatu sepenting itu bukan? Bangun tidur di lingkungan yang santai, bersih, dan nuansa favorit, jelas akan meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur Anda. Memiliki kamar tidur yang sempurna akan membuat hari Anda semakin baik

2. Kamar adalah tempat mengekspresikan diri

Rumah adalah tempat terbaik untuk keluarga berkumpul. Meski rumah hanya memiliki satu konsep, penghuninya mungkin memiliki selera masing-masing yang ingin diwujudkan. Di sinilah peran kamar tidur menjadi media untuk mengekspresikan diri. Segala hal yang mungkin tidak bisa Anda tunjukkan di ruang umum, bisa Anda pamerkan dengan leluasa lewat dekorasi kamar tidur minimalis ataupun dekorasi lainnya yang Anda sukai.

3. Tempat untuk relaksasi pikiran

Di antara jadwal kerja yang padat, dibarengi kesibukan mengurus keluarga dan anak-anak, serta kehidupan sosial bisa membuat otak dan tubuh Anda letih. Tanpa lingkungan yang sempurna dan tenang untuk bersantai, Anda tidak akan bisa menenangkan diri. Ruang tamu tidak selalu bisa menjadi tempat terbaik untuk duduk sambil mengangkat kaki karena anak-anak bisa saja datang, berlarian di depan Anda dan membuat pikiran semakin suntuk.

Dengan lilin yang menyala, kamar yang rapi dan bersih, Anda dapat menjernihkan kembali pikiran dari semua masalah. Banyak orang mengaku kesulitan tidur karena stres. Memiliki kamar dengan dekorasi menarik yang sesuai dengan selera dapat menurunkan tingkat stres ini. Kamar akan menjadi surga yang selalu Anda rindukan di kala suntuk melanda.

4. Kamar menjadi tempat produktivitas tercipta

Percaya atau tidak, memiliki ruang pribadi sendiri dengan rancangan dan cara penataan yang diciptakan secara pribadi, dapat membuat perbedaan dramatis pada cara Anda berpikir dan merasakan. Banyak orang mengatakan bahwa mereka membutuhkan ruang dan waktu untuk dapat menghasilkan ide orisinal hingga solusi untuk masalah.

Di kamar, Anda bisa mendapatkan relaksasi yang lebih dalam dan konsentrasi yang lebih besar. Ini juga bisa membantu dalam stabilitas dan perkembangan kondisi mental Anda. Dengan begitu, semakin banyak tugas dapat diselesaikan. Dengan memiliki ruang yang dirancang sesuai keinginan Anda, Anda dapat mencapai motivasi yang lebih besar. Sehingga menyumbangkan pengaruh positif pada pekerjaan dan kehidupan sosial Anda.

5. Meningkatkan nilai jual

Percaya atau tidak, desain kamar tidur yang baik adalah salah satu faktor yang bisa meningkatkan nilai jual rumah. Nina Campbell, seorang pakar desain interior menyebutkan tentang betapa pentingnya kamar tidur saat Anda akan menjual rumah.

“Ketika menjual rumah Anda, kamar tidur adalah ruang yang sangat pribadi dan calon pemilik harus dapat membayangkan diri mereka tinggal di sana,” terangnya. Menciptakan suasana yang tertata dan berkonsep akan membuat calon pembeli lebih tertarik.

ARSITAG 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."