Cara Membuat Ramuan Daun Kelor untuk Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh saat Pandemi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi daun kelor (pixabay.com)

Ilustrasi daun kelor (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Daun kelor kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam jurnal Oncology Letters disebutkan daun kelor yang sudah diekstrak, yang telah larut dalam air bisa mengobati kanker secara alami.

Adapun kanker yang bisa diobati dengan daun kelor mulai dari kanker payudara, kanker paru, hingga kanker kulit. Hal tersebut dikarenakan daun kelor kaya akan antioksidan, protein, karotenoid, potasium, dan senyawa lain yang bisa menangkal radikal bebas serta pertumbuhan sel kanker.

Daun kelor. Daun kelor juga kaya akan protein, kalsium, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan antioksidan, serta menurunkan gula darah.

Tak hanya itu, daun kelor juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh atau imunitas, terlebih di masa pandemi Covid-19. Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan atau Kemenkes, daun kelor bisa dibuat ramuan untuk diminum.

“Cara bikinnya mudah kok, cukup rebus dengan air sampai mendidih, dinginkan dan saring. Yuk coba di rumah,” demikian tertulis di laman Kementerian Kesehatan pada Ahad, 9 Agustus 2020.

Kemenkes menyarankan untuk membuat ramuan daun kelor menggunakan dua genggam daun kelor yang direbus dengan dua cangkir air. Bagi orang dewasa dianjurkan minum dua kali sehari satu cangkir dan untuk anak-anak dua kali sehari setengah cangkir.

Baca juga: Resep Sup Daun Kelor yang Kaya Gizi untuk Ibu Menyusui dan Anak

Namun, meskipun bisa meningkatkan imunitas, ramuan daun kelor ini bukan obat Covid-19. Jadi, masyarakat diimbau untuk tetap berupaya meningkatkan imunitas tubuh dengan makan-makanan bergizi, olahraga teratur, berjemur, dan istirahat yang cukup.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, upaya-upaya tersebut tidak bisa menyembuhkan, tapi bisa meningkatkan imunitas sehingga kita jadi lebih sehat.

“Selain itu, dengan menjalankan protokol kesehatan yaitu rajin cuci tangan, jaga jarak, dan pakai masker, virusnya bisa cepat hilang dan pandemi bisa cepat selesai,” ungkap Wiku beberapa waktu lalu.


MILA NOVITA | ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."