Waspada, 5 Asupan Ini Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi keripik kentang. Shutterstock

kesehatan

Waspada, 5 Asupan Ini Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Sabtu, 16 Mei 2020 03:00 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita perlu jeli memilah jenis makanan untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas di tengah pandemi Covid-19. Sebab tak bisa sekadar kenyang, tapi penting pula memerhatikan kandungan gizi di dalamnya. Terlebih lagi, ada sejumlah makanan dan minuman yang bisa menurunkan kekuatan imunitas. 

Berikut sejumlah makanan dan minuman yang perlahan-lahan dapat menurunkan daya tahan tubuh seperti dilansir dari Times of India.

1. Keripik kentang

Keripik kentang adalah camilan yang paling digemari oleh banyak orang. Sebungkus keripik kentang tak hanya mampu memanjakan mulut, tapi dapat membahayakan kesehatan.

Keripik kentang banyak mengandung garam dan minyak yang membuatnya sangat nikmat dan adiktif. Namun kandungan tersebut saat dikonsumsi secara berlebihan dapat melemahkan imunutas dan memicu penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol.

2. Permen dan jeli

Sedikit permen dan jeli memang tidak akan membahayakan. Mengonsumsi sedikit kudapan manis dapat menjadi cara untuk meningkatkan suasana hati atau mood seseorang. Kendati demikian, konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan peradangan dan efek jangka panjangnya dapat melemahkan sel darah putih dalam mempertahankan antibodi dan melawan infeksi.

Oleh sebab itu, terlalu banyak mengonsumsi gula dalam jangka panjang dapat melemahkan sistem imun serta memicu penyakit seperti diabetes dan kolesterol.

3. Es krim

Es krim adalah salah satu kudapan yang digandrungi banyak orang. Minuman manis ini dipenuhi oleh krim tinggi lemak dan susu, yang menjadikannya kudapan dengan kandungan lemak tertinggi.

Terlepas dari tingginya kandungan gula di dalam es krim, camilan manis ini dapat memicu peradangan dan meningkatkan kadar gula darah yang membahayakan kesehatan.

4. Stroberi

Buah beri memang memiliki vitamin C yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Namun segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan justru membawa dampak buruk bagi tubuh. Stroberi memiliki kandungan yang disebut histamin, yang memicu penyumbatan saluran pernapasan.

Peningkatan histamin dalam tubuh dapat meningkatkan rasa tidak nyaman dan memperburuk kondisi saluran napas, apalagi bila seseorang memiliki masalah sinus.

5. Kopi

Sebagian besar orang memulai hari dengan minum kopi, bahkan ada yang tidak bisa hidup tanpa kopi. Sebab minuman yang identik dengan warna hitam ini tak hanya dapat membantu seseorang untuk lebih fokus, namun juga dapat dijadikan teman saat berdiskusi.

Akan tetapi, kopi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman karena dapat menyebabkan kembung dan mulas pada sebagian orang. Selain itu, terlalu banyak minum kopi juga memicu dehidrasi. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sifat diuretik yang dapat membuat Anda lebih sering buang air kecil sekaligus mual.