Dokter Ungkap Pentingnya Vitamin C buat Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi konsumsi vitamin. Shutterstock.com

Ilustrasi konsumsi vitamin. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Popularitas vitamin C melampaui vitamin lain. Vitamin C populer karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik dari dalam maupun luar tubuh.

Menurut dr Marya Haryono, SpGK, salah satu manfaat vitamin C yang digandrungi perempuan Indonesia adalah membantu peremajaan kulit, mengingat agar tetap kencang, kulit membutuhkan kolagen. Vitamin C salah satu unsur pembentuk kolagen.

Artikel lain:
Ampuhnya Antioksidan dari Vitamin C buat Kecantikan
7 Buah Berkalsium Tinggi
Minum Multivitamin, Cara Simpel Jaga Kesehatan
Awas, Makanan yang Enak dan Sehat Ini Ternyata Berisiko Keracunan

“Itu faktanya. Ia juga mencegah sariawan dan influenza. Vitamin C bersama zat gizi yang lain memperlancar metabolisme tubuh. Dengan kata lain, kekurangan vitamin C mengganggu metabolisme tubuh," ucap Marya.

Dia menambahkan, agar stamina prima, nutrisi harus masuk ke tubuh dengan lengkap dan dalam porsi cukup. Sayangnya, kadang gaya hidup yang kurang sehat memunculkan risiko kekurangan nutrisi.

Mayoritas pola makan orang Indonesia kurang buah dan sayur. Dampaknya, banyak yang kekurangan vitamin, khususnya B dan C. Selain itu, polusi, asap rokok, dan kurangnya waktu tidur membuat tubuh sangat butuh zat penentang radikal bebas alias antioksidan.

"Vitamin C bisa didapat dari buah berwarna oranye, kuning, dan terasa asam. Ada pula dari sayur brokoli, misalnya," kata Marya.

Di tengah gaya hidup yang semakin modern, ada banyak cara untuk memperoleh asupan vitamin B dan C secara praktis tapi tetap sehat menyegarkan. Salah satunya dari suplemen.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."