Resep Hari Ini: Telur Ceplok Rebus Setengah Matang dan Halus

Ilustrasi poached egg atau telur ceplok rebus (PIxabay.com)

kuliner

Resep Hari Ini: Telur Ceplok Rebus Setengah Matang dan Halus

Sabtu, 18 Juli 2020 07:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Resep hari ini akan berbagi tips memasak telur ceplok rebus agar hasilnya setengah matang dan bagian putihnya halus. Saat memasak telur ceplok rebus, biasanya akan banyak buih yang muncul dan membuat bagian putih telur acak-acakan alias tak sedap di pandang.

Bagian kuning telur juga harus terus dipantau agar hasilnya sempurna. Jika panci tempat merebus telur ceplok ini ditutup, maka selaput telur bagian atas akan tertutup selaput dengan sempurna. Tapi cara ini berisiko membuat bagian kuning telur mejadi terlalu matang.

Apabila panci tempat merebus telur ceplok tidak ditutup, maka bagian bawahnya kuning telurnya saja yang matang. Sementara bagian atasnya masih terlalu mentah. Lantas bagaimana supaya telur ceplok rebus ini benar-benar setengah matang dan tampilannya juga menarik?

Mengutip laman Food Network, berikut tips membuat poached egg alias telur ceplok rebus yang bagian kuningnya pas setengah matang dan putih telur mulus.

  1. Panaskan air dalam panci

  2. Tambahkan 1 sendok teh garam dan 2 sendok teh cuka putih. Didihkan air dengan api sedang. Fungsi cuka di sini membantu bentuk telur agar halus.

  3. Pecahkan 1 telur ke dalam wadah kecil.

  4. Pakai spatula atau sendok untuk mengaduk air yang direbus tadi dalam satu arah, sehingga membentuk pusaran.

  5. Masukkan telur dengan hati-hati ke tengah pusaran air. Air yang berputar-putar akan membantu mencegah putih telur berbusa dan menyebar hingga pinggi panci.

  6. Matikan api lalu tutup panci selama 5 menit. Jangan coba-coba mengintip, menusuk, dan mengaduk telur di dalam panci.

  7. Angkat telur dengan menggunakan sendok berongga. Sajikan.

EKA WAHYU PRAMITA