Bayi Zaskia Adya Mecca Mengalami TTN, Sedih Baru Ketemu Satu Kali

Proses kelahiran putra kelima pasangan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo, ditemani oleh ibu dari Hanung dan Zaskia. Instagram/@bhajkama

kesehatan

Bayi Zaskia Adya Mecca Mengalami TTN, Sedih Baru Ketemu Satu Kali

Jumat, 3 Juli 2020 22:43 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, JakartaZaskia Adya Mecca mengungkapkan kesedihannya karena terpisah dengan anak kelima. Putra pasangan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo ini baru lahir pada Jumat, 3 Juli 2020, pukul 06.11 di Jogja International Hospital atau JIH.

Setelah menjalani proses persalinan secara caesar, Zaskia Adya Mecca mengatakan baru satu kali bertemu dengan putranya yang diberi nama Bhaj Kama Bramantyo, itu. "Baru pertama kali setelah melahirkan terpisah sama bayi. Tadi bertemu hanya ketika Inisasi Menyusui Dini atau IMD," tulis Zaskia Adya Mecca.

Sekarang, bayinya berada di dalam inkubator dan dipasang alat bantu napas minimal 48 jam. "Aku pasca-caesar belum bisa bangun dari kasur untuk menemani Bhaj Kama Bramantyo," tulis Zaskia Adya Mecca. "Ya Allah berat banget rasanya."

Bayi Bhaj Kama Bramantyo harus dibantu alat pernapasan karena mengalami Transient Tachypnea of Newborn atau TTN. Mengutip laman Kids Health, beberapa bayi yang baru lahir mengalami kesulitan bernapas atau napas yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Itulah yang dimaksud dengan TTN.

Kata transient berarti tidak bertahan lama, biasanya kurang dari 24 jam. Dan kata Tachypnea berarti bernapas dengan cepat. Bayi yang mengalami TTN harus diawasi dengan ketat di rumah sakit dan bisa jadi memerlukan oksigen tambahan. Sebagian besar bayi sembuh total dan TTN umumnya tidak memiliki efek jangka panjang pada tumbuh kembang anak.

Bhaj Kama anak pasangan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo yang dilahirkan di Yogyakarta, 3 Juli 2020. Instagram /@bhajkama

Bayi dengan TTN memiliki kelebihan cairan pada paru-paru. Itu sebabnya napas bayi menjadi lebih pendek dan cepat untuk mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Selama di dalam kandungan, janin tidak menggunakan paru-paru untuk bernapas karena oksigen berasal dari pembuluh darah plasenta. Selama itu pula, paru-paru bayi berisi cairan. Ketika tanggal kelahiran kian dekat, cairan ini mulai terserap secara perlahan melalui pembuluh darah paru dan sistem limfatik.

Kondisi TTN lebih sering terjadi pada bayi prematur karena paru-parunya belum sepenuhnya berkembang. TTN juga berpotensi terjadi kepada bayi yang dalam keluarganya memiliki riwayat asma dan umumnya bayi laki-laki.

Keluarga berusaha menenangkan Zaskia Adya Mecca. Musababnya, kondisi yang dialami oleh bayi Bhaj Kama Bramantyo umumnya dapat teratasi dengan baik. "Masih banyak ibu lain yang terpisah sama bayinya setelah melahirkan dengan kasus lebih berat," tulis Zaskia Adya Mecca menirukan nasihat yang disampaikan keluarganya. "Kama milik Allah yang diperantarakan. Minta sama Allah dimudahkan semuanya."

EKA WAHYU PRAMITA