Berikut Khasiat Minum Teh Hijau di Pagi Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Teh hijau.

Teh hijau.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Teh hijau kaya akan antioksidan berkat senyawa yang disebut katecin. Selain itu, teh hijau berkhasiat meningkatkan pembakaran lemak saat berolahraga dan pembakaran kalori kala istirahat. 

Melansir laman Express UK, penelitian menunjukkan antioksidan di dalam teh hijau bisa  mempercepat metabolisme sehingga membantu pembakaran lemak dan menjaga berat badan ideal. Minuman ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, termasuk panas, dingin, dalam bentuk bubuk, dan bisa menjadi campuran susu untuk membuatnya lebih kental.

Menyertakan teh hijau ke dalam menu diet setiap hari mungkin butuh proses untuk menurunkan berat badan. Tapi bila mengonsumsinya pada waktu tertentu, hasilnya akan cepat terasa.

Para ahli menyarankan minum teh hijau di pagi hari karena dapat membantu memulai metabolisme dan meningkatkan energi untuk aktivitas harian. Selain itu, baik pula untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Meskipun tidak ada bukti kuat minum teh hijau dapat menekan rasa lapar, banyak orang yang mengonsumsi teh hijau setiap hari menjelaskan mereka merasa kenyang dan tidak makan berlebihan setelahnya. Hal itu akan berdampak pada penurunan berat badan dengan cepat. Sebab tubuh akan segera mengalami defisit kalori karena makan lebih sedikit sepanjang hari.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan, Cegah Jerawat dan Penuaan

Penelitian lebih lanjut menunjukkan minum teh hijau juga dapat membantu membakar lemak perut, salah satu tempat tersulit untuk menurunkan berat badan. Senyawa dalam teh hijau meningkatkan kadar hormon dalam tubuh yang memberitahu sel-sel lemak untuk memecah lemak, kemudian melepaskan lemak ke aliran darah dan menjadi cadangan energi.

Untuk merasakan manfaat di atas, perhatikan betul porsi minum yang dianjurkan hanya sekitar 2-3 kali sehari. Cara menyeduh teh yang disarankan adalah merebus air terlebih dahulu, lalu biarkan dingin selama 10 menit sebelum dituangkan ke kantong teh hijau karena air mendidih bisa membunuh katecin, bahan kimia yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."