Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan, Cegah Jerawat dan Penuaan

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Kamis, 2 Mei 2019 07:00 WIB
Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan, Cegah Jerawat dan Penuaan

CANTIKA.COM, Jakarta - Aroma teh hijau tidak hanya dapat menenangkan suasana hati ketika meminumnya. Teh hijau dapat juga dimanfaatkan untuk kecantikan, mulai dari meremajakan kulit lelah, meluruhkan sel kulit mati, sampai mengempeskan mata bengkak.

Baca juga: Jangan Asal Minum Pil Ekstrak Daun Teh Hijau buat Diet

Melansir laman  Boldsky, teh hijau mengandung tanin, yang membentuk lapisan pelindung pada kulit terhadap sinar UV yang dapat merusak kulit, memperbaiki kerusakan sel-sel kulit, meningkatkan regenerasi sel kulit baru dan menjaga kulit tetap kencang. Ada 40 jenis antioksidan di dalamnya, yang dapat meningkatkan kolagen, elastisitas kulit, serta mencegah tanda-tanda penuaan. Sifat antibakteri dalam teh hijau dapat membunuh bakteri penyebab infeksi, membantu mengeringkan jerawat dan mencerahkan noda.

Berikut ini 7 cara memanfaatkan khasiat teh hijau untuk kecantikan.

#1. Pembersih wajah
Seduh secangkir teh hijau, dan biarkan dingin pada suhu kamar. Gunakan untuk mencuci wajah, lalu bilas dengan air dingin. Mencuci wajah dengah teh hijau dapat melembapkan serta menenangkan kulit wajah.

#2. Meremajakan wajah
Sobek kantong teh hijau bekas dalam mangkuk, tambahkan satu sendok makan mandu, serta perasan lemon. Campur sampai menjadi pasta berpasir, lalu oleskan tipis-tipis pada wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit, gosok, dan bilas dengan air dingin. Masker ini dapat digunakan untuk membuat wajah terlihat lebih segar.

#3. Menyamarkan lingkaran hitam
Campur satu sendok makan teh hijau bubuk, dengan satu sendok teh agar-agar, satu sendok teh perasan lemon, 5 tetes minyak almond dan ½ cangkir air mendidih. Aduk sampai merata dan tidak ada gumpalan. Simpan dalam lemari es. Cara menggunakannya, campuran yang sudah menjadi gel tersebut letakkan pada mata, sampai dinginnya hilang. Gel ini berkhasiat untuk menyamarkan lingkaran hitam serta mengempeskan mata bengkak.

#4. Jerawat
Seduh setengah cangkir teh hijau segar, dan biarkan larutan dingin. Tambahkan satu sendok makan air untuk mengencerkan larutan. Celupkan bola kapas, peras air yang berlebih, lalu oleskan pada jerawat. Diamkan sampai terserap ke dalam kulit. Sifat antibakteri dalam teh hijau dapat mengobati jerawat.

#5. Masker antipenuaan
Haluskan satu sendok makan daun teh hijau menjadi pasta halus. Tambahkan satu sendok makan krim susu, sejumput kunyit dan beberapa tetes perasan lemon. Aduk sampai halus. Cara memakainya dengan mengoleskan tipis-tipis pada wajah dan leher, biarkan sampai kering, lalu bilas dengan air.

#6. Facemist
Panaskan secangkir air sampai mendidih, lalu celupkan satu sendok teh di dalamnya, dan biarkan mendidih selama 15 meni. Biarkan larutan dingin. Saat larutan masih suam-suam kuku, tambahkan 5 tetes minyak esensial lemon, 5 tetes minyak lavender dan 1 vitamin E kapsul gel. Tuangkan dalam botol semprot, dan simpan dalam lemari es. Semprotkan pada wajah, kulit akan terasa segar dan lembut.

#7. Masker badan
Campur 1 cangkir gula merah, 1 sendok makan daun teh hijau kering, 2 sendok makan madu mentah, ½ cangkir minyak zaitun dan 10 tetes minyak lavender. Simpan masker dalam wadah kedap udara, dan gunakan sebagai masker untuk badan.