Natasha Rizky Bagi Tips Hadapi Anak Alergi, Pentingnya 3 K

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pasangan Desta Mahendra dan Natasha Rizky terlihat kompak bersama ketiga anak mereka dengan balutan busana bermotif kotak. Adapun dalam unggahan di akun @desta08s, pakaian tersebut memadukan warna hijau army dan cokelat.

Pasangan Desta Mahendra dan Natasha Rizky terlihat kompak bersama ketiga anak mereka dengan balutan busana bermotif kotak. Adapun dalam unggahan di akun @desta08s, pakaian tersebut memadukan warna hijau army dan cokelat. "Selamat Lebaran.. Maaf lahir bathin," katanya. Instagram/@desta08s

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai ibu dari tiga anak, Natasha Rizky punya pengalaman menghadapi anak alergi. Terlebih lagi, ia dan suami, Mahendra Desta atau akrab disapa Desta, punya riwayat alergi dan menurun kepada anak keduanya, Miskha Arrawfa Najma.

Miskha alergi pada susu sapi. Aktris dan presenter itu mengaku sempat panik di awal-awal mengetahui alergi putrinya.

"Rasanya panik banget ya padahal anak pertama enggak mengalami alergi. Aku sempat diskusi sama suami karena termasuk hal baru bagi kami," ujar Natasha dalam Webinar “Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju: Tanggap Alergi di masa Pandemi untuk Generasi Maju” Senin, 29 Juni 2020.

Natasha Rizky menceritakan gejala yang dialami Miskha mulai dari bintik kemerahan, batuk, rasa tidak nyaman, bersin, rewel, dan aktivitas terganggu. "Rasanya sedih banget lihat kondisi dia yang jadi tidak nyaman. Namun setelah pelan-pelan kami mengetahui cara menangani, makin ke sini tumbuh kembang tetap baik, aktivitas nyaman seiring waktu. Sudah tidak seperti awal-awal pas kena alergi," ucap perempuan 27 tahun ini.

Berkaca dari pengalamannya, Natasha pun mengimbau  agar para orang tua cepat tanggap jika anak mulai menunjukkan gejala alergi. Misalnya mencari informasi tentang gejala alergi dari informasi di internet. Tapi jangan pula berlebihan dan melupakan konsultasi langsung dengan ahlinya. 

Baca juga: Sebab Anak Lahir Lewat Caesar Lebih Berisiko Alergi Menurut Ahli

"Khawatir situs tidak valid sumbernya. Jangan sampai kita menyimpulkan dan diagnosis sendiri supaya tidak stres, lebih baik konsultasi langsung dengan ahlinya," jelasnya.

Selain cepat tanggap dengan gejala alergi anak, wanita yang memiliki usaha hijab dan kuliner ini tak ketinggalan menyebutkan dukungan dari suami tercinta juga sangat penting. "Jadi, suami bisa bantu menenangkan kepanikan kita, apalagi kalau masih awal-awal punya pengalaman anak alergi, terasa banget ya dukungan dari suami," ujarnya.

Natasha juga mengingatkan pentingnya "3 K" dalam menangani anak alergi. K pertama kenali gejala alergi susu sapi pada anak, K kedua segera konsultasikan ke dokter jika muncul gejala alergi susu sapi pada si kecil, dan K ketiga kendalikan dengan memberi alternatif nutrisi salah satunya susu yang mengandung soya agar tumbuh kembang tetap optimal. 

"Kalau kita sudah berupaya semaksimal mungkin, tips terakhir jangan patah semangat, karena kalau kitanya sehat dan bahagia, anak-anak pun juga demikian," jelasnya.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."