Menakar Kandungan Gizi Peach Gum dan Aturan Makannya Menurut Ahli

Peach gum. Instagram.com/@lutfi.uthe

kesehatan

Menakar Kandungan Gizi Peach Gum dan Aturan Makannya Menurut Ahli

Selasa, 30 Juni 2020 08:15 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam kreasi camilan sehat yang populer belakangan ini, contohnya peach gum. Camilan peach gum memiliki cita rasa manis dan lezat. Bahan utamanya, yaitu getah yang disekresikan dari kulit pohon persik dan berbentuk bening seperti kristal. 

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik Raissa E Djuanda, peach gum kaya akan kolagen dan asam amino yang baik untuk menjaga elastisitas kulit dan memperbaiki jaringan yang rusak. Selain itu, bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Biasanya peach gum diolah dengan tambahan bahan makanan lainnya. Seperti buah Angco yang bermanfaat sebagai penambah darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Biji Lotus yang bermanfaat sebagai anti penuaan, penambah serat, hingga memperlancar pencernaan. 

Ada juga Goji Berry yang mengandung vitamin C, beta karoten, baik untuk kesehatan mata. Buah Kundur yang bermanfaat mengatasi panas dalam dan radang tenggorokan, serta jamur putih yang bermanfaat menurunkan kolesterol, menjaga kadar gula darah, dan kaya akan antioksidan.

Peach gum. Instagram.com/@lutfi.uthe

Meski kaya manfaatnya untuk kesehatan, Raissa menambahkan peach gum aman dikonsumsi asal tidak berlebihan. Sebab biasanya pengolahan peach gum dibuat sup dengan tambahan gula atau madu. Jadi jika pemanis tambahannya berlebihan akan tidak baik.

"Kendati demikian meski kita rutin mengonsumsi peach gum, tetap tidak bisa menggantikan nilai gizi yang lainnya. Tetap dibutuhkan makan utama yang mengandung zat gizi lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral," ucap Raissa saat dihubungi Tempo.co pada Ahad, 28 Juni 2020.

Perlu diketahui jika 1 mangkuk peach gum ukuran sedang mengandung sekitar 200 kalori yang setara dengan 1 gelas susu. Untuk itu disarankan agar tetap makan lengkap tiga kali sehari. Peach gum ini adalah camilan di waktu makan utama.

"Kandungan gula yang disarankan sehari adalah tidak lebih dari 4 sendok makan. Jadi jika diperkirakan gula dalam 1 mangkuk peach gum adalah 2 sendok makan. Batasan maksimal seharinya tidak lebih dari 2 mangkuk," saran Dokter di Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah ini.

Baca juga: 3 Tips Ngemil Sehat, Perhatikan Jumlah dan Jenisnya

EKA WAHYU PRAMITA