3 Tips Ngemil Sehat, Perhatikan Jumlah hingga Jenisnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi salad buah. AP/Matthew Mead

Ilustrasi salad buah. AP/Matthew Mead

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi kamu yang doyan ngemil atau makan camilan ada beberapa yang harus diperhatikan. Camilan yang dipilih harus sehat dan memperhatikan jumlah serta frekuensinya. Pasalnya, ada beberapa camilan yang tidak menguntungkan karena hanya membuat berat badan naik dan gula darah meningkat.

Kriteria camilan yang tidak sehat adalah makanan yang rendah nutrisi, namun tinggi kalori. Camilan ini juga biasanya tinggi lemak jenuh, gula, dan garam. Misalnya, donat, keripik kentang, popcorn, nugget ayam, dan biskuit keju. 

Namun, Anda tak perlu khawatir ngemil sehat itu mudah. Ikuti tips berikut ini supaya waktu kudapan Anda benar-benar bermanfaat. 

1. Jumlah

Secara umum, camilan yang disarankan adalah yang mengandung sekitar 200 kalori dan setidaknya 10 gram protein. Protein penting agar Anda kenyang sampai jadwal makan utama berikutnya. Jadi Anda tidak akan ngemil terlalu sering maupun terlalu banyak.

2. Frekuensi

Seberapa sering Anda harus ngemil bergantung pada aktivitas sehari-hari dan porsi makan utama Anda. Jika Anda termasuk orang yang aktif, mungkin butuh camilan hingga 2-3 kali per hari. Sementara untuk mereka yang sedenter atau minim gerak, satu kali jadwal ngemil saja sudah cukup. 

3. Jenis

Utamakan camilan sehat seperti buah, sayur, gandum utuh, dan susu rendah lemak. Batasi makanan atau minuman yang mengandung gula dan garam tambahan.

Ingat juga bahwa buah-buahan segar lebih baik daripada minuman rasa buah karena biasanya minuman tersebut mengandung gula yang tinggi. 

 

 

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."